Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready

Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone


        Bertemu lagi di kategori review, tempat dimana kita bahas semua jenis drone insyaallah, hehehe. Kali ini kita akan membahas sebuah drone MJX yang sudah support untuk FPV atau First Person View, FPV ini adalah fungsi dimana sang pilot bisa melihat langsung gambar yang ditangkap oleh kamera yang dipasang di bagian bawah drone. Dengan FPV ini pilot bisa mengatur posisi drone agar mendapat view yang sempurna sebelum melakukan pengambilan foto atau merekam video. Selain itu masih ada beberapa fitur yang terdapat di drone buatan MJX kali ini. Untuk serinya, kali ini kita akan membahas drone MJX X400 yang bisa digunakan oleh semua pilot dari newbie hingga expert.



       MJX selalu memberikan desain yang berbeda dan keren pada tiap modelnya, di MJX X400 dia termasuk ke jenis Quad-Copter karena menggunakan empat buah rotor untuk terbang. MJX X400 ini memiliki frame X yang dibungkus oleh casing yang membuatnya terlihat lebih berisi. Di bagian tengah juga sudah terdapat ventilasi udara supaya semua mainboard tidak overheat ketika sedang beroperasi. Lalu karena MJX X400 ini juga memiliki kamera, maka sebagai pelindung kamera agar ketika mendarat kamera tidak mengenai tanah, drone ini dilengkapi dengan dua buah kaki yang siap menopang drone ketika berada diatas tanah, dengan begini kamera akan jauh lebih aman karena tidak berkontak langsung dengan tanah.

Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone


       Selain itu dibagian tiap ujung dari lengan MJX X400 juga memiliki blade protector yang fungsinya adalah melindungi blade ketika terjadi tabrakan atau benturan dengan penghalang semisal seperti tembok atau pohon. Protector ini bisa di lepas pasang, namun untuk lebih baiknya, protector ini dipasang terus, supaya jika terjadi benturan tidak sengaja, propeller tidak akan langsung mengenai halangan, sehingga drone akan tetap bisa terbang dan anda bisa melakukan aksi penghindaran. Kalau bladenya saja yang rusak sih tidak masalah, tapi kalau sampai motornya yang rusak itu bisa fatal akibatnya.



       Untuk tenaganya, MJX X400 menggunakan baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer. Dan dari pabriknya MJX X400 diberi baterai bertegangan 3.7 Volt dan berkapasitas sebesar 750 mAh. Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, MJX X400 bisa terbang dan melakukan FPV selama kira - kira 8 menit. Jika baterai sudah habis, biarkan dulu hingga 15 menit, baru dilakukan proses recharge. Untuk pengisian ulangnya anda bisa menggunakan kabel USB bawaan dari MJX untuk charging, dan anda bisa charging menggunakan USB port pada komputer atau laptop, bahkan jika sedang diluar rumah anda bisa recharge dengan powerbank. Nah, untuk lama pengisiannya kira kira selama 120 menit atau dua jam.


Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone

        Di bagian remote, MJX X400 sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4GHz sebagai transmisi datanya. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan drone hingga dalam radius 100 meter. Di remote ini juga terdapat berbagai tombol untuk berbagai fungsi yang bisa anda gunakan ketika terbang, seperti mode switch, One key return, camera button, dan lain lain. Serta diremotenya ini juga dilengkapi dengan LCD berukuran kecil yang akan menampilkan informasi status dari drone, seperti mode apa yang anda gunakan, lalu kapasitas baterai, kekuatan sinyal dan lain - lain. Sehingga dari layar kecil ini anda bisa mengetahui kondisi drone yang sesungguhnya.

Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone

       MJX X400 juga dilengkapi dengan kamera seperti yang sudah kita ketahui. Dengan kamera bawaan ini anda bisa melakukan aktifitas seperti mengambil gambar, atau merekam video. Terlebih lagi di MJX X400 anda bisa mengoneksikan dengan smartphone anda untuk bisa menikmati FPV atau First Person View atau nama lainnya Live Preview, sehingga anda bisa melihat gambar yang sedang ditangkap oleh kamera drone, dan anda tentu bisa memposisikan drone terlebih dahulu sebelum mengambil gambar, dengan melihat posisi dari layar smartphone anda.



       Sebagai pemanis dan supaya drone ini bisa dimainkan kapan saja. MJX X400 juga dilengkapi dengan LED yang bisa anda nyalakan terutama ketika anda menerbangkannya di waktu malam hari. Sehingga drone akan terlihat bersinar dan keren, bukan tak mungkin MJX X400 akan menjadi pusat perhatian jika terbang dengan nyala LED yang super keren ini.
Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone


Deskripsi Tambahan:
Brand Name: MJX
Item NO.: MJX X400
Color: Red,white
Frequency: 2.4G
Control Channel: 4CH
Gyro: 6 axis
Charging Mode: USB
Charging Time: About 120 mins
Flaying Time: Around 8 mins
Battery For Quadcopter: 3.7V 750mAh LI-PO(inside the quadcopter)
Battery for transmitter: 3x AAA battery(not included)
Weight: 0.9g(with package and transmitter)
Age Range: 8+
Spesifikasi MJX X400 Drone FPV Ready - GudangDrone


Setiap pembelian akan mendapatkan:
1X MJX X400 RC quadcopter
1X Transmitter
1X Kamera C4005
1X Obeng
1X USB Kabel
4X blade cadangan
1X manual
1X Bracket



        Oke, seperti itulah ulasan kita mengenai MJX X400 yang sudah bisa FPV dengan menggunakan smartphone anda. Jika anda ingin membeli MJX X400 ini, anda bisa mendapatkannya dengan harga kisarannya sebesar Rp 850.000,- Harga ini masih kisaran, sehingga mungkin saja bisa diatas atau dibawah harga tertera. Baiklah, semoga ulasan MJX X400 ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan sampai jumpa di ulasan lainnya.