Spesifikasi Syma X8SW - Altitude Hold, FPV Ready!

Bila melihat seri – seri drone buatan syma sebelumnya, terutama kelas dibawah X8 , syma sudah memiliki Drone seri SW, yakni Syma X5SW. Drone yang sudah memiliki kelebihan bisa melakukan FPV namun belum memiliki fitur Altitude Hold. Dan mungkin sebagian dari anda bertanya, mengapa di seri X8 tidak ada seri SW nya? Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, syma kini sudah mengeluarkan koleksi terbarunya yang diberi nama Syma X8SW. Drone ini pun memiliki desain yang lebih baru, dan tidak mengadopsi 100% bentuk  dari generasi X8 sebelumnya. Drone ini juga dinilai memiliki kelebihan – kelebihan baik dari segi fisik, ataupun kemampuannya. Lantas apakah Syma X8SW justru menjadi penerus dari Syma X8HWyang sampai saat artikel ini ditulis dia masih sangat popular itu?



Spesifikasi Drone Syma X8SW - GudangDrone

Drone Syma X8SW memang menjadi ujung tombak baru bagi Syma harapnya. Bentuknya sedikit berbeda daripada seri X8 sebelumnya, namun tetap saja Drone Syma X8SW ini masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter, sebab dia juga masih menggunakan empat buah propeller untuk bisa terbang. Desainnya yang baru ini dinilai menjadi daya Tarik tersendiri bagi beberapa pilot di seluruh dunia, karena kali ini syma memang mengeluarkan beberapa drone baru dengan desain yang juga baru. Lanjut ke bagian aksesori, Drone Syma X8SW memiliki beberapa aksesori, di badan drone ada 3 aksesori yakni kaki drone, propeller guard atau propeller protector, dan yang terakhir tentu saja unit kamera.



Sedangkan di bagian remote juga ada aksesori yakni smartphone holder yang nantinya akan menjadi tempat smartphone anda bersandar ketika FPV. Drone ini pun juga memiliki banyak fitur seperti:
-          Barometer: ini berarti Syma X8SW sudah bisa Altitude hold atau mempertahankan ketinggian ketika terbang
-          Headless mode: membuat arah depan anda selalu menjadi arah depan drone
-          One key Take off
-          One Key Landing
-          Rolling 360 derajat
-          Low/Mid/High Speed



Dari situ, sementara bisa disimpulkan kalau fitur dari Syma X8SW ini memang bisa menjadi penerus dari seri X8 sebelumnya. Selain memiliki fitur yang lebih banyak, Syma X8SW memiliki kelebihan di bagian assembly atau perakitan atau pemasangannya. Apabila seri sebelumnya kalau mau memasang protector, dan kaki harus menggunakan baut, sekarang anda tidak perlu disusahkan karena baut, karena Syma X8SW sudah memiliki system autolock pada tiap bagian propeller protector dan kakinya. Dengan begini anda hanya tinggal memasang kaki dan klik, sudah terpasang sempurna dan kuat, anda akan mendapatkan waktu perakitan yang cepat, sehingga anda juga bisa cepat untuk bisa terbang dengan cara ini.


Spesifikasi Drone Syma X8SW - GudangDrone
Baterai Syma X8SW

Syma X8SW memiliki baterai yang bentuknya juga sangat keren, baterainya sudah diberikan suatu case, sehingga sekilas mirip dengan drone – drone professional yang ketika memasang baterai hanya tinggal memasukkan ke badan drone dan klik, baterai sudah terpasang sempurna. Untuk baterai Syma X8SW sendiri, dia memiliki kapasitas sebesar 2000mAh, dan memiliki tegangan sebesar 7.4Volt. dengan baterai Li-Po berwadah unik ini, Syma X8SW bisa terbang kira – kira selama 9 – 10 menit. Tentu ketika baterai sudah menunjukkan tinggal sedikit, lebih baik langsung anda turunkan drone, lalu diamkan baterainya selama 15 menit agar normal lalu charge dengan charger bawaan selama kira – kira 150 menit.



Berikut Spesifikasi singkatnya:
Item No.: x8sw
Battery: 7.4V 2000mAh Li-ion(included)
Wifi Camera : Photos/Video(1MEGA)
Charging time: About 150 minutes
Transmitter Battery: 4"AA" batteries(not included)
Controlling distance: About 70 meters
Hover flight time: more than 9 minutes
Box Size:34.5X34.85X19.93cm
Product Size: 50 X 50 X 19 cm
Frequency: 2.4G


Spesifikasi Drone Syma X8SW - GudangDrone
Remote Syma X8SW

Lanjut ke bagian controller, Syma X8SW memilik controller dengan desain terbarunya saat ini, controller ini bisa anda gunakan untuk sepenuhnya mengendalikan drone Syma X8SW. desainnya yang baru dan unik, membuat remote ini sangat sempurna apabila dipadukan dengan drone Syma X8SW. sayangnya di remote terbaru ini sudah tidak ada LCD kecil yang biasanya menampilkan status baterai, sinyal, dan trim. Nah, dengan controller ini, anda bisa menerbangkan Syma X8SW hingga dalam radius 70 meter, tentu dalam situasi kondisi tertentu. Walau berbeda dari remote seri kemarin, namun kamu juga bisa mengaktifkan beberapa fitur bawaan di Syma X8SW seperti auto take off atau landing, headless mode, memilih mode kecepatan, dan juga trimming.


Spesifikasi Drone Syma X8SW - GudangDrone
Camera Syma X8SW

Untuk kamera bawaan, memang kurang memuaskan, karena Syma X8SW hanya diberi kamera bawaan yang memiliki resolusi sekitar 1MP saja, dengan resolusi sekecil itu, bisa dibuat video dengan resolusi 720p, sehingga jangan kaget apabila hasil kamera bawaan  tidak terlalu memuaskan, tapi tentu anda bisa memodifikasinya sedikit saja, dan membuat Syma X8SW ini bisa membawa action cam pilihan anda sendiri, sehingga anda bisa mendapatkan gambar yang semaksimal mungkin dari kamera yang anda pasang di drone. Tapi, kabar baiknya dengan kamera ini anda bisa melakukan FPV, anda hanya perlu menghubungkan smartphone anda ke kamera melalui koneksi Wifi, sehingga anda bisa melihat apa yang drone anda lihat secara realtime.


Spesifikasi Drone Syma X8SW - GudangDrone
Syma X8SW Kit

Untuk kelengkapannya, ketika pembelian umumnya anda akan mendapatkan:
- Aircraft
- Card Reader
- Remote Control
- 4 blades
- Instructions
- 4 shelters
- Screwdriver
- phone clip
- Charger
- 720P WIFI camera (including memory card)



Dengan melihat beberapa fitur yang ada di drone Syma X8SW, bisa dibilang drone ini sudah berhasil menjadi penerus dari seri sebelumnya, selain memiliki kemampuan yang hebat, dia juga memiliki kelebihan seperti kemudahan ketika pemasangan atau perakitan, serta untuk pemasangan baterai juga tinggal dimasukkan ke drone seperti kebanyakan drone professional. Belum lagi fitur auto take off dan landing yang tentu bisa memudahkan para pilot bahkan yang masih newbie sekalipun. Daya angkatnya yang masih sama seperti seri sebelumnya juga membuat Syma X8SW bisa anda gunakan untuk membawa action cam kesayangan anda.




Nah begitulah kira – kira ulasan kita hari ini mengenai drone Syma X8SW sebagai penerus dari Syma X8HW dengan wajah barunya. Lalu untuk bisa memiliki Syma X8SW berapa harga yang harus dibayar? Rata – rata Syma X8SW dihargai $109 USD atau apabila dirupiahkan setara 1.4 Juta. Mungkin ada pertimbangan dari anda yang tertarik atau ingin mencoba meminang si Syma X8SW ini? Yang jelas anda tidak akan kecewa dengan produk penerus generasi X8 ini.