Spesifikasi Drone MJX Bugs 3


MJX yang terkenal dengan seri X101 nya, yang berlanjut hingga X102 ternyata tidak serta merta membuat produsen Drone yang sebenarnya Satu pabrik dengan Syma ini berpuas diri. Melihat bangsa pasar yang ternyata makin beragam, membuat MJX melakukan beberapa pengembangan untuk drone keluaran mereka berikutnya. Mungkin kita juga bisa berharap bahwa kedepannya MJX dilengkapi dengan GPS dan Kamera yang memiliki resolusi 4K dengan kata lain MJX juga memiliki drone kelas professional dan tidak sebatas kelas toys yang rentan hilang apabila terjadi human error ketika menggunakannya. Dan ketika melihat beberapa pilot sekarang mulai mengupgrade motor drone mereka yang awalnya masih brushed diganti menjadi brushless dengan mengacu pada beberapa teknik. Entah MJX sudah mengetahui bahwa ini akan terjadi atau sebuah kebetulan semata.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone


MJX Memperkenalkan drone buatan mereka, dimana drone ini adalah drone MJX pertama yang sudah menggunakan motor brushless. Drone buatan mereka kali ini dijuluki dengan nama MJX B3 atau MJX Bugs 3. Lalu apakah MJX Bugs 3 hanya memiliki kelebihan di bagian motornya saja? Tentu tidak. Mari kita mulai dari bentuk kerangkanya dulu, MJX Bugs 3 memiliki desain dasar sebagai sebuah Quad-Copter dengan empat buah lengan yang tiap lengan membawa sebuah motor untuk bisa terbang. Desain cockpitnya pun masih mempertahankan “Mata” sebagai cirikhas kebanyakan drone buatan MJX. Selain itu di bagian terbang juga ditambah sebuah Superbright LED yang bertungsi sebagai headlamp atau juga bisa dibilang adalah “Senter”.


Fitur:
·         Brushless Motor strong power to the quadcopter
·         Support to mount Gopro and xiaomi xiaoyi motion camera
·         Smart remote control alarm function
·         Independent ESCs provide worry-free flying experience
·         Two flight modes of the model: low speed and high speed
·         Inverted Flight, Rolling 180° ,3D Flip
·         7.4 inches easily distinguished& autolock propeller
·         7.4V 1800mAh high capacity battery support maximum flying 18-19 mins, which saturates all your desires about flying postures of an aerial drone
·         The latest 6 axis flight control system, permits super stable flight
·         Super bright LED lights aid in orientation and allow for night flying
·         The quadcopter can fly both indoor and outdoor.Including 4CH digital proportional RC system.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone


MJX Bugs 3 menggunakan Motor brushless MT1806 1800kv yang dianggap memiliki efisiensi tinggi serta kualitasnya juga sudah sangat mumpuni untuk menjadi engine di drone MJX Bugs 3 ini. Di sisi bawah, MJX Bugs 3 memiliki kaki yang cukup besar dan kuat, kaki ini selain berfungsi untuk menopang seluruh berat MJX Bugs 3 sepenuhnya selain itu juga untuk melindungi kamera yang bisa ia bawa dibagian bawah. Selain itu bagi anda yang tergolong masih pemula juga bisa menambahkan propeller protector untuk antisipasi kerusakan akibat tabrakan, karena apabila sampai motornya yang rusak, harga sebuah motor brushless juga tidak bisa dibilang murah.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone


MJX Bugs 3 memiliki baterai bawaan yang memiliki kapasitas sebesar 1800mAh. Dengan tegangan 7.4 Volt dan tentu jenis baterainya Li-Po. Dengan baterai yang ukurannya sebesar itu, anda bisa menerbangkan drone MJX Bugs 3 ini dalam waktu kira – kira selama 15 menit. Mengingat MJX Bugs 3 ini menggunakan motor brushless, itu berarti anda bisa menyediakan beberapa baterai cadangan untuk bisa terbang lebih lama, tanpa harus khawatir motornya mengalami overheat. Ketika baterai mulai habis, anda bisa menggantinya dengan baterai cadangan anda, dan baterai yang sudah habis sebaiknya didiamkan dulu selama kira – kira 15 menit agar kondisinya normal dulu, setelah itu barulah anda bisa melakukan proses recharging menggunakan charger bawaan, atau anda juga bisa menggunakan charger khusus Li-Po favorit anda.


Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone


MJX Bugs 3 juga memiliki unit kendali yang simpel. Penempatan tombol serta desainnya terlihat user friendly, dengan remote ini anda bisa sepenuhnya menerbangkan drone MJX Bugs 3 sepenuhnya lengkap dengan fungsi – fungsi seperti L/H Speed switch, 3D Flip, mengambil foto atau video. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan drone MJX Bugs 3 hingga radius sejauh 300 meter dalam catatan tidak banyak intervensi sinyal. Di unit kendali ini juga terdapat alarm yang nantinya bisa memberitahu anda apabila baterai drone mulai lemah, dan juga ketika sinyal antara remote dengan drone mengalami gangguan. Sehingga anda bisa langsung mengambil tindakan yang benar ketika mendapatkan alarm tersebut.


Untuk kameranya, sayangnya MJX Bugs 3 tidak memiliki kamera bawaan, namun dengan begitu anda bisa menggunakan Action Cam andalan anda di drone MJX Bugs 3 ini, karena setiap pembelian anda akan mendapatkan action cam holder yang cocok untuk gopro hero 3, 4, dan juga Xiaomi Yi juga. Selain itu tentu anda bisa membeli kamera untuk drone khusus buatan MJX yang nanti bisa anda pasang di drone MJX Bugs 3 ini. Entah yang sudah bisa FPV atau belum, yang jelas anda bisa memilih secara bebas mau memakai kamera mana untuk drone ini.


Spesifikasi Detail:
Brand Name: MJX
Item NO.: Bugs 3
Color: Black
Frequency : 2.4G
Channel : 4CH
Gyro:6 Axis
Overall height: 140mm
Main rotor diameter: 188mm
Wheelbase: 310mm
Copter battery: 7.4V 2S 25C 1800mAh LiPo Battery (included)
Transmitter Power: 4 x 1.5V AA battery (not included)
Brushless motor: 1806 1800KV
Remote distance: 300-500m
Charging time: About 300mins
Flying time: About 18mins(without landing gear and protective cover)
Copter Weight: 485g( with landing gear, protective and battery)
Copter size: 310 X 310 X140mm


Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone


Untuk setiap pembeliannya, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x  MJX Bugs 3 Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 7.4V 25C 1800mAh LiPo Battery
4 x Spare Blade
4 x Protection Frame
4 x Landing Skid
1 x Screwdriver
1 x Charger
1 x Propeller fixing mount
1 x Camera mount
1 x Manual



Untuk sebuah drone yang masih termasuk kedalam kelas toys namun sudah memakai motor brushless, mungkin ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin tau bagaimana rasanya menerbangkan drone dengan motor brushless tanpa harus memodifikasi drone anda secara manual, atau malah harus membeli drone kelas professional yang harganya juga tidak main – main. Dan apabila anda tergolong pemula, anda sebenarnya bisa juga membeli drone ini karena dari segi keamanan MJX Bugs 3 sudah memiliki alarm di remote yang bisa memudahkan anda mengetahui kondisi drone anda. namun, apabila anda masih pemula, lebih baik membeli drone MJX Bugs 3 ini sekaligus membeli kameranya juga, walau secara terpisah.

Spesifikasi Drone MJX Bugs 3 - GudangDrone



Apabila anda benar – benar berminat untuk membawa pulang drone ini, tercatat kisaran harga drone ini adalah sekitar Rp. 1.400.000  ,- untuk drone kisaran satu jutaan, mungkin ini adalah drone yang cocok untuk anda, terlebih untuk saat ini tidak banyak drone kelas toys yang sudah memakai motor brushless.