Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - Brushless FPV Ready

Memiliki drone yang terbaik memang selalu menjadi keinginan setiap pilot. Bahkan apabila mereka memiliki drone yang masih kelas toys saja banyak yang mencoba memodifikasinya sehingga bisa menjadi lebih baik peformanya. Seperti memodifikasi pada bagian antenna, memodifikasi di bagian motor, hingga flight controllernya juga. Seperti sudah banyaknya yang mengupgrade motor syma X8 series yang aslinya memiliki motor brushed, lalu mereka modif sehingga bisa menggunakan motor brushless. Tak heran dan juga bisa dibilang tidak rugi, karena apabila drone yang sudah dimodif seperti itu harganya justru juga bisa naik. Namun untuk anda yang ingin langsung membeli drone yang kira – kira sekelas dengan Syma X8 series namun sudah memiliki motor brushless kini anda tidak perlu bingung lagi.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - GudangDrone


Itu karena Bayangtoys mengeluarkan drone yang apabila dilihat sekilas baik dari bentuk dan spesifikasinya, dia mirip dengan drone Syma X8 series. Memang yang paling mencolok adalah bahwa drone Bayangtoys yang memiliki nama seri Bayangtoys X16 ini memiliki motor brushless sebagai mesin untuk bisa terbang. Drone Bayangtoys X16 ini apabila dilihat dari bentuknya masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter. Dia memiliki desain yang cukup beda dari drone sejenis sehingga bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri. Dia juga sudah memiliki kaki yang cukup panjang, cukup untuk melindungi unit kamera bawaan bahkan hingga action cam dari ancaman hantaman ketika anda melakukan hard landing.


Untuk fiturnya, Bayangtoys X16 juga memiliki fitur yang cukup banyak seperti:
·         WIFI FPV with 2.0MP HD camera.
·         With automatic return function, the copter will automatic returning and landing when lost connection or signal received interference.
·         With attractive headless mode, completely solving pilot "loss of orientation" problems.
·         360 degree flip / rollover function makes your aircraft turning around and around likes a excited bird, let's enjoy more fun of rolling.
·         2-mega-pixel HD camera give you a clear image / video as you were nearby.
·         Side flight function shows the good balance keeping performance and a big stunt potential.
·         Functions: 3D rollover,Automatic Return,Camera,Forward/backward,Headless Mode,Hover,Sideward flight,Turn left/right,Up/down,With light


Yap, selain memiliki motor brushless, Bayangtoys X16 juga memiliki fitur dan fungsi bawaan yang bisa anda manfaatkan atau anda aktifkan selama penerbangan. Seperti headless mode, flip/rollover, hingga automatic return. Sehingga ketika anda terbang, anda bisa mengeksplorasi fungsi – fungsi tersebut dan secara tidak langsung juga bisa menambah keahlian anda ketika menerbangkan drone.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - GudangDrone


Bayangtoys X16 ini menggunakan baterai li-po yang memiliki kapasitas sebesar 2200 mAh. Namun yang berbeda, apabila kebanyakan drone sejenis masih menggunakan teganyan 7.4V, Bayangtoys X16 memiliki tegangan yang lebih tinggi yakni 11.1V. dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu Bayangtoys X16 bisa terbang hingga selama kira – kira 12 – 16 menit. Tentu lama penerbangan ini juga bisa dibilang lebih lama dari kebanyakan drone sejenis. Dan himbauan selalu ketika baterainya mulai menunjukkan titik lemah alias hampir habis, sebisa mungkin jangan langsung copot lalu di charge. Tapi diamkan dulu baterainya kira – kira selama 15 menit, agar baterainya normal dulu, setelah itu baru anda bisa melakukan charging dengan aman menggunakan charger khusus Li-Po bawaan atau charger Li-Po anda sendiri yang sudah memiliki fitur smart charge.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - GudangDrone


Di bagian unit pengendalinya, Bayangtoys X16 memiliki remote 2.4GHz yang desainnya juga keren. Selain itu penempatan tombol – tombolnya juga tertata dengan rapi sehingga bisa memudahkan para pilot untuk mengaksesnya. Di bagian bawah juga terdapat LCD kecil yang bisa menampilkan data seperti kekuatan sinyal, status trim, dan juga status baterai, sehingga melalui LCD kecil ini anda bisa mengetahui basic stat drone anda. selain itu anda juga bisa menambahkan phone holder diatasnya untuk tempat smartphone anda yang nantinya dijadikan monitor FPV. Dengan remote ini, anda bisa menerbangkan drone hingga dalam radius 300 meter an. Untuk jaraknya juga tergolong jauh, namun juga tergantung tempat anda melakukan penerbangan, kalau banyak tower mungkin akan tidak bisa dikendalikan jauh karena mengalami gangguan sinyal transmisi.



Bayangtoys X16 memiliki kamera bawaan yang resolusinya mencapai 2MP. Dengan kamera ini anda tentu bisa mengabadikan momen anda ketika terbang baik dalam bentuk foto atau video. Kamera bawaan Bayangtoys X16 ini juga sudah support untuk FPV. Anda hanya perlu menginstal aplikasi di smartphone, lalu menghubungkannya ke kamera drone. Sehingga anda bisa melihat apa yang dilihat oleh kamera drone secara realtime, sembari itu pula anda bisa menyimpannya dalam bentuk foto atau video. Untuk kameranya sebenarnya anda juga bisa menggantinya dengan action cam, karena kaki bawaan drone  Bayangtoys X16 tergolong panjang. Sehingga untuk membawa action cam pun masih aman terlindungi dari lantai yang keras.



Untuk spesifikasi detailnya, anda bisa melihatnya dibawah ini:
Brand name: Bayangtoys
Item number: X16
Frequency : 2.4G
Channel : 4CH
Gyro:6 Axis
Motor Type: Brushless Motor
Material: Electronic Components,Plastic
Control Distance: 260-350m
Transmitter Power: 6 x 1.5V AA battery(not included)
Battery: 11.1V 2200mAh Lipo battery (included)
Charging time: 210-260 mins
Flying Time: 12-16mins
Camera Pixels: 2MP
Product weight: 0.500 kg
Package weight: 1.750 kg
Product size (L x W x H): 50 x 50 x 19 cm
Package size (L x W x H): 53.5x 35 x 11 cm


Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - GudangDrone

Dan apabila anda membeli satu kit drone Bayangtoys X16 ini, umumnya anda akan mendapatkan:
1 x BAYANGTOYS X16 Quadcopter
1 x Transmitter
1 x 11.1V 2200mAh Battery
1 x Charger
4 x Propeller
1 x Screwdriver
1 x English Manual



Untuk anda yang memang hobby atau ingin sekali memiliki drone yang tidak terlalu mahal namun sudah memakai motor brushless, mungkin Bayangtoys X16 ini bisa menjadi calon drone yang akan anda beli. Karena selain memiliki motor brushless, Bayangtoys X16 juga memiliki banyak fitur yang menguntungkan anda.


Spesifikasi Drone Bayangtoys X16 - GudangDrone



Untuk bisa membawa pulang drone Bayangtoys X16 ini, harga pasarannya dalam dollar berkisar di USD $135, namun apabila dikonversi ke rupiah kira – kira Bayangtoys X16 memiliki harga sebesar Rp.1.755.000,- harga yang cenderung lebih murah daripada drone – drone bermotor brushless lainnya. Dan harga yang tertera barusan masih harga kisaran saja. Apakah anda memiliki rencana untuk membeli drone Bayangtoys X16 yang sudah memiliki motor brushless dan FPV Ready ini?