Spesifikasi Drone AirFun AF 918 - Drone Kembaran Syma X5C


         Sebagai salah satu brand yang juga nongkrong di top brand yang mengeluarkan produk drone utamanya di Indonesia, dengan melihat bahwa ada drone Syma yang memiliki spesifikasi cukup dan ready to fly dengan dibawai sebuah kamera, dan ternyata drone itu terbukti cukup laris dipasar dunia. Mungkin karena itu AirFun juga menjadi tertarik untuk membuat drone serupa, dan dimaksudkan untuk menyaingi drone buatan syma yang sudah lebih dulu eksis daripada AirFun. Tak tanggung – tanggung, drone buatan AirFun yang sering disebut dengan Drone Cloningan dari Syma X5C ini dijual dengan harga yang lebih murah daripada drone Syma X5C. Tentu jika kita melihat sikap kebiasaan konsumen Indonesia yang lebih memilih harga murah, wajar juga jika Drone AirFun AF 918 ini juga laris dipasaran walau mungkin tidak selaris drone Syma X5C.


Spesifikasi Drone AirFun AF 918 - GudangDrone


         Dilihat dari luarnya saja juga bisa dilihat, bahwa mulai dari body nya, dan juga ukurannya memang terlihat sama seperti Drone Syma X5C, memiliki ukuran 31 x 31 cm dengan empat buah propeller, dengan bentuk body yang menyerupai huruf X dan tentu saja masuk ke dalam jenis Quad-Copter. Sama seperti drone Syma X5C, Drone AirFun AF 918 ini juga dilengkapi empat buah propeller yang digunakan untuk melindungi bagian propeller dari benturan benda keras seperti dinding, tiang ataupun pohon besar. Dibagian bawah, Drone AirFun AF 918 ini juga dilengkapi dengan sepasang kaki yang juga berfungsi untuk melindungi bagian kamera bawaan. Iya, Drone AirFun AF 918 ini pun juga memiliki kamera bawaan yang memiliki resolusi seperti kamera bawaan dari Syma X5C juga. Dan di tiap bagian lengannya juga memiliki LED yang selain berfungsi sebagai lampu indikator, LED ini juga akan berfungsi ketika anda menerbangkan Drone AirFun AF 918 di malam hari, sehingga anda bisa melihat dimana posisi drone sebenarnya.



         Untuk kemampuan terbangnya, Drone AirFun AF 918 juga sudah bisa terbang dengan stabil, karena Drone AirFun AF 918 sudah dibekali dengan 6 axis gyro yang fungsinya sama dengan fungsi pada drone – drone lain untuk membuat drone bisa stabil ketika terbang. Untuk fungsi yang dimiliki Drone AirFun AF 918 ini bisa dibilang juga sama dengan Syma X5C selain bisa untuk terbang normal, juga bisa digunakan untuk mengabadikan momen ketika terbang karena juga memiliki sebuah kamera bawaan.


Spesifikasi Drone AirFun AF 918 - GudangDrone


         Untuk power unit drone nya, Drone AirFun AF 918 ini memiliki baterai bawaan bertegangan 3.7 Volt dan kapasitasnya sebesar 500 mAh. Dan dengan kapasitas baterai yang sebesar itu, Drone AirFun AF 918 ini bisa terbang dengan waktu selama kira – kira 5 – 7 menit. Dan ketika baterai sudah mulai habis, anda bisa menggunakan kabel USB bawaan untuk melakukan proses pengisian ulang baterai atau charging. Untuk chargingnya anda bisa menggunakan adaptor 5V seperti yang digunakan untuk merecharge smartphone. Jika tidak, anda bisa menghubungkan kabel USB ini ke Port USB pada Laptop ataupun Komputer untuk recharge nya. Jika mau lebih praktis lagi, anda bahkan bisa menggunakan powerbank untuk recharging sehingga tentu lebih praktis. Untuk lama proses pengisian ulangnya kira – kira memakan waktu selama 50 – 60 menit.



         Sedangkan untuk bagian remotenya, Drone AirFun AF 918 ini memiliki remote yang sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk transmisi datanya. Dengan remote 4CH ini, Drone AirFun AF 918 bisa anda kendalikan hingga dalam radius sejauh 70 meter. Namun jika anda bisa memodifikasinya, mungkin anda bisa mendapatkan jarak terbang yang lebih jauh lagi. Dengan remote ini, selain seluruh kendali berada di genggaman anda, anda juga bisa mengaktifkan beberapa fitur yang ada di Drone AirFun AF 918 ini. Tak Cuma itu, di bagian bawah dari unit remote ini juga terdapat sebuah LCD kecil yang akan menampilkan informasi mengenai drone, seperti kekuatan sinyal, baterai, mode yang digunakan, dll. Seperti pada Syma X5C, dengan LCD kecil ini, anda bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari drone yang anda kendalikan.


Spesifikasi Drone AirFun AF 918 - GudangDrone


         Untuk aksesori tambahannya, Drone AirFun AF 918 juga dibekali dengan kamera fix yang memiliki resolusi sebesar 2 MP. Dengan kamera ini, anda sudah bisa mengabadikan momen entah dalam bentuk foto ataupun video. Sehingga dengan begini, anda sudah bisa mengabadikan momen ketika diudara menggunakan Drone AirFun AF 918. Jika kamera bawaan ini kurang memuaskan, anda pun bisa menggantinya dengan sedikit modifikasi sehingga bisa menggunakan kamera milik anda yang anda rasa lebih bagus hasilnya.



Jika anda membeli sebuah Drone AirFun AF 918 maka yang akan anda dapatkan adalah:
- 1 pc. AF918 New Version 6 Axis Drone
- 1 set of 4 Blade Protectors
- 1 pc.2.4 GHZ Remote Contro
- l1 pc. USB Cable charger
- 1 pc. 500 mAh 3.7 V Lithium Poly
- 4 pcs. Spare blades
- 1 pc. USB Card Reader
- 1 pc. Obeng mini


Spesifikasi Drone AirFun AF 918 - GudangDrone


         Jika dilihat dari spesifikasi beserta fitur – fitur yang dimiliki oleh Drone AirFun AF 918 ini, memang bisa disimpulkan bahwa drone ini memang bisa dibilang sebagai kloningan dari Syma X5C karena dari segi bentuk, ukuran dan juga jeroannya memang bisa dibilang mirip. Bagi anda yang hendak membeli drone Syma X5C namun budged kurang dan padahal ingin segera memilikinya, Drone AirFun AF 918 ini mungkin bisa menjadi solusi atas masalah anda.




         Oke, kira – kira seperti itu ulasan kita kali ini mengenai Spesifikasi Drone AirFun AF 918 yang juga sering disebut kembaran, kloningan, KW an dari Syma X5C. Jika anda berminat untuk membeli Drone AirFun AF 918 ini harga kisarannya adalah Rp. 600.000,- harga ini pun masih bisa naik dan turun karena tergantung juga pada sellernya. Semoga ulasan kita hari ini bermanfaat.