Spesifikasi The Wallet Drone – Drone Terkecil Didunia



Diluar sana, sebenarnya banyak sekali perusahaan yang sedang mengembangkan produk drone. Mulai dari research, membuat desain paten hingga memproduksinya secara masal untuk dipasarkan kepada para pilot didunia. Yang ikut berkecimpung pun bukan hanya perusahaan – perusahaan drone besar seperti yang sudah anda ketahui namun perusahaan kecil menengah pun sebenarnya juga ikut berkecimpung dalam dunia produksi drone. Mungkin karena sudah banyaknya jenis drone berukuran normal dipasaran, membuat para perusahaan kecil menengah untuk membuat sesuatu yang beda dengan yang sudah ada di pasaran, dan salah satunya adalah ada satu perusaan kecil asal amerika yang berhasil membuat sebuah drone yang ukurannya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari ukuran dompet anda mungkin. Dan mereka beri nama drone ini dengan The Wallet Drone.

Spesifikasi The Wallet Drone - GudangDrone
Drone Terkecil Didunia

Drone ini memiliki bentuk yang sangat mungil. Biarpun kecil, drone ini mampu terbang dengan sangat stabil karena juga sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro didalamnya. Bentuk bodynya mengadopsi X frame dengan keempat lengannya yang masing – masing memegangi sebuah motor. Dengan empat mesin tersebut, The Wallet Drone ini masuk kedalam jenis Quad-Copter namun karena ukurannya yang sangat kecil mungkin bisa disebut dengan pico drone, karena ukurannya lebih kecil dari nano drone. Ukurannya yang hanya 4 x 4 cm saja, membuatnya bisa dibawa kemana – mana dengan praktis, anda hanya tinggal menyimpannya di kotak yang juga berfungsi sebagai remotenya. Ketika diletakkan di kotak ini anda juga akan sekaligus me recharge baterai si The Wallet Drone ini menggunakan baterai yang ada di remote sebagai sumber tenaganya.

Spesifikasi The Wallet Drone - GudangDrone


Walau sebenarnya desain atau rancangannya sudah di paten kan, namun karena perusahaan drone ini masih tergolong menengah, membuatnya masih belum bisa memproduksinya secara masal. Dari sumber yang didapat, mereka hanya membuat drone ini pada waktu – waktu tertentu saja dan tidak dapat dipastikan. Namun jika ketika produk ini telah dalam keadaan ready stock, anda bisa membelinya secara online. Sejauh ini ada empat warna yang disediakan oleh mereka yaitu warna biru, orange, kuning dan hijau. Untuk lebih mengetahui tentang teknologi yang digunakan dan fitur – fitur yang ada dalam drone ini anda bisa membacanya berikut dibawah ini:


Features & Technology:

-          World's Smallest Quadcopter™ - 4cm x 4cm x 1.75cm
-          Ultra-Compact 2.4 gHz Controller & Docking Station: 10.75cm x 8.5cm x 2.8cm
-          Patent Pending Design Allows Drone to Charge while Docked INSIDE Controller
-          5-7 Minute Flight Time per 20 Minute Charge via Controller or USB Cable
-          3-Speeds Pre-programmed for Desired Level of Flight Sensitivity
-          6-Axis Gyro-Stabilization Keeps Drone Stable and Centered
-          360 Degree Rotational Yaw Allows Users to Seamlessly Adjust Orientation
-          Pre-programmed "Trick-Mode" Algorithm Provides Amazing Flips and Rolls!
-          Bright LED Colored Lights for Night Flight and Drone Orientation
-          Available in 4 Color Choices and Controller Accents
-          Super Portable, Fun, Unique and a Great way to Practice Flying Drones!



Untuk urusan baterai yang digunakan di unit drone, tidak ada sumber yang mengatakan secara pasti berapa kapasitas baterainya, namun sebenarnya kita bisa mengira – ngira dengan cara melihat ukuran drone itu sendiri. Jika dilihat mengingat ukurannya yang kecil. Drone ini menggunakan baterai yang bertegangan sebesar 3.7 Volt dengan kapasitas yang lebih kecil dari 100 mAh. Namun untuk lama terbangnya juga sudah seperti drone ukuran menengah, yaitu bisa hingga selama 5 – 7 menit. Dan ketika baterainya sudah mulai habis, anda bisa merecharge baterai langsung di kotak drone dengan menghubungkan kabel ke baterai. Disini yang digunakan adalah daya dari baterai di remote control. Sehingga ketika anda menyimpan The Wallet Drone di saku ketika perjalanan, anda bisa sekaligus mengisi ulang baterai di unit dronenya.


Spesifikasi The Wallet Drone - GudangDrone


Unit kendalinya memang menjadi satu dengan kotak yang sekilas terlihat seperti dompet yang panjang. Walaupun disitu tidak terlihat memiliki antena, namun siapa sangka remote control dari The Wallet Drone ini juga sudah menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk jalur komunikasi datanya. Dengan kotak yang bisa menjadi wadah sekaligus remote dari The Wallet Drone ini membuatnya memiliki sifat yang portable, hingga anda bisa membawanya kemanapun dengan praktis. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan The Wallet Drone hingga dalam radius sejauh 15 – 20 meter. Remote ini membutuhkan daya dari empat buah baterai ukuran AA. Yang dimana baterai ini nanti juga digunakan untuk me recharge unit drone nya.

Spesifikasi The Wallet Drone - GudangDrone


Drone ini juga memiliki LED di body nya yang akan memberi tanda arah depan dari drone ini, sehingga ketika menerbangkannya anda tidak akan salah arah karena tidak tau bagian mana yang menjadi arah depan dari unit drone nya. Selain itu di drone sekecil ini anda juga bisa melakukan fungsi rotasi 360 derajat dan juga 3D Flips. Bukankah hebat drone sekecil ini sudah bisa melakukan trik semacam itu? Maka pantas saja drone ini sangat digemari oleh banyak pilot di luar negeri sana bukan hanya sifatnya yang limited edition, namun ternyata juga memiliki kemampuan terbang yang sangat oke.


Spesifikasi The Wallet Drone - GudangDrone


Dengan ukuran yang sangat kecil, membuat The Wallet Drone ini bisa dimainkan dimana saja karena tidak membutuhkan tempat yang cukup luas untuk dapat memainkannya, serta berkat adanya LED yang bisa menyala, membuatnya juga bisa dimainkan kapan saja baik di siang hari ataupun di malam hari ketika keadaan gelap minim cahaya.




Jika anda menginginkan drone ini, anda mungkin bisa kontak langsung ke pihak produsennya untuk pre order. Untuk harganya terakhir tercantum sebesar US $45 – $75 jika dilihat dari beberapa sumber. Namun jika memang mungkin untuk mendapatkannya, anda akan mendapatkan kebanggaan tersendiri karena bisa memiliki drone yang mungkin memang terkecil didunia ini.