Spesifikasi XK Alien X250 Drone FPV Ready

Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
XK Alien X250 Drone


        Drone dengan fitur FPV atau First Person View memang lebih diminati karena lebih nyaman digunakan ketika sedang mengambil gambar diudara. FPV berfungsi seperti mata kita yang menempel di drone, dengan bantuan kamera pada drone yang akan langsung mengirimkan apa yang ditangkap ke sebuah layar, anda dapat sudah bisa memiliki mata drone, sehingga anda bisa menentukan posisi terbaik untuk melakukan proses pengambilan gambar. Dari sekian banyak jenis drone yang support FPV, ada satu drone yang memiliki desain unik. Yaitu drone XK Alien X250. Bagaimana keunikan dari XK Alien X250 ini, dan bagaimana pula spesfikasi dan kemampuan terbang dari drone XK Alien X250 akan kita bahas pada ulasan kali ini.



        Drone yang memiliki ukuran 19.4 x 19.4 cm ini, memiliki desain kerangka yang unik. Bisa dibilang kerangka ini mengadopsi frame X dan Frame T atau H. Sehingga drone ini memiliki tubuh tengah yang memanjang. XK Alien X250 memakai empat buah propeller untuk dapat terbang, hal ini sekaligus mengkategorikan dirinya ke dalam jenis Quad-Copter.Tubuh bagian atas XK Alien X250 ini unik dengan gaya mirip kepala Alien, serta di bagian tiap lengannya juga memiliki LED yang bisa menyala keren. Dalam penjualannya sebenarnya ada dua jenis XK Alien X250 yang diedarkan, yaitu tanpa kamera dan layar FPV, dan yang satunya lagi disertakan dengan kamera dan layar FPV, tentu jika kita belum memiliki kamera FPV lebih memilih XK Alien X250 dengan FPV supaya langsung bisa mencoba fitur FPV yang disukai oleh banyak pilot ini.


Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
Ukuran XK Alien X250 Drone

       XK Alien X250 juga tak kalah dalam fitur lainnya selain Fitur FPV. Selain FPV drone ini juga punya fitur - fitur keren seperti Fail Safe Function, One key to roll, lalu drone ini juga memiliki low voltage function yang akan memberikan alarm ketika baterai sudah mulai habis, serta LED yang keren tentunya. Dengan tambahan fitur - fitur ini, pilot tidak akan cepat bosan, karena selain untuk melakukan pengambilan gambar, pilot bisa menggunakan drone ini untuk sekedar bermain - main saja, sehingga pilot pun bisa mendapatkan dua kegunaan drone yaitu pertama untuk melakukan proses pengambilan gambar, dan yang kedua adalah sebagai drone hobby yang diterbangkan sesuai keinginan untuk melakukan manuver dan sebagainya.



       Drone ini sebagai sumber energi utamanya tetap menggunakan baterai pastinya, dan XK Alien X250 ini diberi baterai bertegangan 3.7 Volt dan kapasitasnya sebesar 780 mAh yang berjenis Li-Po atau Lithium Polymer. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar ini, XK Alien X250 bisa terbang dalam waktu kira - kira selama 8 - 12 menit. Di waktu ini pula anda bisa melakukan proses pengambilan dengan mode FPV. Kemampuan terbangnya juga sudah stabil, karena XK Alien X250 sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang akan membuat XK Alien X250 ini terbang dengan stabil. Jika baterai telah habis, anda bisa melakukan proses pengisian ulang menggunakan kabel USB bawaan. Anda bisa menghubungkan kabel USB ini ke USB Port pada komputer atau laptop, jika sedang bepergian anda juga bisa charge menggunakan powerbank sehingga lebih praktis.

Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
Remote XK Alien X250 Drone


        XK Alien X250 memiliki remote yang sudah menggunakan Frekuensi tinggi 2.4 GHz. Remote ini sudah memiliki 4 Channel. Dengan remote ini anda bisa mengendalikan drone hingga dalam radius sejauh 300 meter. Selain itu, di remote ini pula anda bisa mengaktifkan berbagai fungsi yang terdapat di drone XK Alien X250 ini. Anda juga dapat menambahkan LCD untuk FPV di remote ini, sehingga anda bisa menikmati fitur FPV menggunakan drone. Di bagian bawah remote juga terdapat LCD kecil yang akan menampilkan informasi dan status drone, sehingga dengan adanya LCD kecil ini anda bisa mengetahui fungsi apa saja yang sedang aktif, juga bisa mengetahui kondisi drone.

Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
Camera XK Alien X250 Drone


       Unit kamera dari XK Alien X250 ini bisa dibilang optional, jadi jika anda memilih tidak ada kamera, itu berarti anda tidak akan mendapatkan unit kamera dan juga layar LCD nya. Namun jika anda ingin disertakan unit kamera dan LCD juga bisa, namun untuk harga tentu lebih mahal yang ada kamera dan LCD nya. Terlepas dari itu, jika anda memasang kamera di XK Alien X250 ini, anda bisa menikmati fitur FPV real time, sehingga bisa anda manfaatkan misalkan untuk memposisikan drone di angle yang bagus sebelum melakukan pengambilan gambar. Dengan cara ini, tentunya anda akan lebih puas dengan hasil kameranya karena sesuai dengan harapan anda. Untuk kamreranya, XK Alien X250 juga mengambil frekuensi 5.8 GHz.



Features:
High precision air pressure needle to fix height.
Fail safe function.
One key to roll.
Can hang micro 5.8G FPV camera to take picture and video.
Control distance is more than 300m.
Compatible with Futaba S-FHSS.
Low voltage alarm function.
High discharge rate lipo battery.
Colorful and bright LED.



Deskripsi tambahan:
Brand name: XK
Item name: Alien X250 RC Quadcopter
Channel: 4 channel
Gyro: 6-Axis gyro
Remote control mode: 2.4GHz
Material: ABS
Motor: 8520 coreless
Battery: 3.7V 780mAh 20C lipo
Flight time: about 8-12 mins
Charging time: about 60 mins
Control distance: 300m
Battery dimension: 52 * 25 * 17mm
Flying weight: 100g
Quadcopter Size: 194 * 194 * 61mm

Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
XK Alien X250 Drone kit


Tiap pembelian akan mendapat:
1 x Quadcopter
1 x Transmitter
1 x English Manual
1 x Battery
1 x FPV System
1 x Holder
1 x USB Cable
1 x Screwdriver
1 x Camera
4 x Propeller
1 x Card Reader

Spesifikasi XK Alien X250 - GudangDrone
XK Alien X250 Drone


       Ternyata fungsi yang dimiliki XK Alien X250 sudah bisa dibilang cukup, apalagi jangkauannya juga termasuk jauh jika dibandingkan drone sejenis yang hanya memiliki jangkauan sejauh 100 - 150 meter. Sehingga itu berarti XK Alien X250 bisa menjadi bahan rekomendasi bagi pilot yang hendak membeli drone baru yang sudah memiliki fitur FPV realtime.


       Oke, sepertinya seperti itulah kemampuan yang dimiliki drone XK Alien X250 yang sudah support untuk FPV realtime, jika anda berminat membeli drone ini, harga kisaran untuk drone ini berada di angka Rp. 1.300.000,- Tapi harga ini masih kisaran yang artinya bisa di atas dan bisa pula dibawah, karena yang namanya harga pasti bisa berubah sewaktu - waktu. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.