Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli

          DJI Phantom series, selama ini memang bisa kita simpulkan sebagai professional drone yang juga sangat diminati oleh banyak pilot bukan hanya di Indonesia, namun hingga di seluruh dunia. Itu wajar, karena DJI Phantom selalu memiliki kemampuan dan fitur yang melebihi drone – drone sekelasnya terutama untuk drone kamera. Banyak pilot yang menyatakan puas dengan hasil gambar yang ditangkap menggunakan kamera drone DJI Phantom. Banyak juga yang puas karena drone ini memiliki jangkauan yang cukup jauh, sehingga sang pilot bisa berkreasi langsung ketika menangkap gambar dengan teknik – teknik mereka seperti hovering, fly in, fly out dan lain sebagainya. Untuk anda yang mungkin masih belum tau bagaimana sebenarnya kemampuan dari DJI Phantom series, anda bisa pergi ke sitemap dan cari postingan mengenai spesifikasinya. Nah disini kita anggap kita semua sudah tau mengenai Drone DJI Phantom series.




          Bila kita sudah tau mulai dari seluk beluknya, hingga kemampuan terbangnya, dan mulai suka terbang untuk melakukan pengambilan gambar. Karena memang sebagian besar drone DJI Digunakan untuk mengambil gambar dan kebanyakan juga dipakai oleh kru – kru pertelevisian untuk menunjang liputan mereka juga. Karena itu, alangkah lebih baiknya kita membawa sejumlah perlengkapan berupa aksesoris dan sparepart drone DJI Phantom kita ketika bepergian. Dengan membawa aksesoris dan sparepart, kita bisa meminimalisir ancaman “Tidak bisa terbang lagi” ketika sedang on the spot. Bayangkan saja ketika sudah di tempat, dan ketika terbang, drone mengalami masalah seperti baterai tiba – tiba drop, tangan kita masih belum lemas sehingga memegangi remotenya tidak “ngeh” gitu, atau karena tersandung ranting ada bagian drone yang patah terus hilang seperti blade protector, atau malah kaki drone. Hal – hal tersebut bisa membuat kita mengalami situasi “Tidak Bisa Terbang Lagi”, karena bila dipaksakan terbang, nanti drone bisa saja tidak berfungsi secara optimal dan malah menimbulkan masalah lainnya.



          Maka dari itu, sebenarnya baik juga bila kita membawa aksesoris pendukung dan sparepart yang paling rawan rusak atau hilang di bagian drone. Dan dipostingan kali ini, kita akan membahas aksesori dan sparepart apa saja yang baik dibawa ketika anda sedang keluar untuk menerbangkan drone DJI Phantom, terlebih anda menggunakannya untuk urusan pekerjaan anda. Nah, diantara aksesoris dan sparepart yang baik dibawa ketika bepergian dengan drone antara lain:



1. Baterai
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
DJI Phantom Batteries

         Memang kapasitas baterai DJI Phantom itu memiliki kapasitas yang besar, sehingga memungkinkannya untuk bisa terbang dengan waktu yang relatif lama sekaligus mengambil gambar menggunakan kamera yang dibawanya. Namun, bila anda menggunakannya di tempat yang dingin, baterai bisa tiba – tiba drop. Baterai drop juga bisa karena terkena paparan gelombang elektromagnetik tertentu. Sehingga disini anda akan lebih baik bila membawa baterai cadangan lagi, yang anda simpan di tempat yang aman seperti drybox misalnya, dimana suhu dan kelembaban baterai akan dijaga berkat pasir kering yang berada didalam drybox. Bila anda ada waktu, anda juga bisa membuat battery warmer untuk membuat baterai suhunya tetap terjaga dan tidak mengalami drop secara tiba – tiba.




2. Strap Remote
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
DJI Phantom Strap

         Strap sangat berguna apalagi bila tangan anda tidak hanya mengendalikan unit drone, namun juga menyambi pekerjaan lainnya, nah disini anda butuh sebuah strap remote yang anda kalungkan kebadan anda, sehingga posisi remote bisa tetap didepan anda. Dengan begitu anda tidak perlu memegangi remoe terus menerus untuk bisa mengendalikannya, selain itu tangan anda juga bisa mengerjakan pekerjaan lainnya seperti mengoperasikan laptop, atau kamera lain seperti yang digunakan oleh kameramen pertelevisian ketika sedang bertugas dilapangan misalnya.




3. Tas atau backpack
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
DJI Phantom Backpack

         Mengapa memilih tas jenis backpack? Karenajenis backpack lebih mudah dibawa, tinggal dibawa seperti tas sekolah, dan didalam backpack tersebut sudah bisa muat untuk meletakkan sebuah drone, remote, dan beberapa aksesori pendukungnya. Satu backpack sudah cukup, selain itu dengan adanya backpack ini, anda bisa membawa peralatan kerja lain dengan lebih mudah, sebab drone dan perlengkapannya sudah ada dalam satu tas.




4. Propeller
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
DJI Phantom Propellers

         Yang satu ini, bisa dibilang wajib atau harus ada cadangannya ketika anda sedang menerbangkan DJI Phantom Series. Karena dengan propeller inilah drone bisa terbang melayang diudara. Bila salah satu propellernya bermasalah, bukan tidak mungkin drone tidak akan bisa terbang, atau ketika terbang akan terjadi masalah seperti tidak stabil, atau pergerakannya melenceng. Maka dari itu, ketika anda bepergian dan hendak menerbangkan Drone DJI Phantom, akan lebih baik bila anda membawa propeller cadangannya. Lagipula di setiap pembelian, anda juga pasti akan mendapatkan sejumlah propeller cadangan gratis. Selain itu, propeller ini juga mudah dipasang, sehingga anda akan lebih terhindar dari kondisi “Tidak Bisa Terbang Lagi”.




5. Landing Gear
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
Landing Gear DJI Phantom with compass

         Landing Gear adalah sepasang kaki DroneDJI Phantom. Mengapa kaki  - kaki drone juga termasuk barang yang baik dibawa ketika bepergian untuk menerbangkan drone? Padahal tidak menggunakan landing gear saja drone bisa diterbangkan dengan cara dipegang menggunakan tangan. Eits, jangan lupa, di salah satu kaki DJI Phantom itu ada sensor compass nya. Nah, bila salah satu kaki drone menabrak benda keras dan akhirnya patah dan itu adalah kaki yang ada sensor kompasnya, bukan tidak mungkin sensornya akan rusak dan lebih buruk lagi bisa hilang bersama kakinya. Tanpa kompas, drone tidak tau mana arah utara, selatan barat dan tmur kan. Itu akan sangat meruginan anda sendiri bila anda tidak segera mengganti landing gearnya. Maka dari itu, ada baiknya juga membawa landing gear DJI Phantom ketika bepergian dengannya.




6. Smartphone/Tablet Holder
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
Holder DJI Phantom

         Memang barang satu ini seperti tidak bisa dipisahkan, terlebih ada beberapa pilot yang lebih suka FPV menggunakan smartphonennya sendiri. Namun, bagi yang tidak bisa memakai smartphone, alias menggunakan monitor, anda juga tidak ada salahnya membawa tablet/smartphone holder di backpack. Fungsinya adalah ketika anda bosan FPV menggunakan monitor, anda bisa beralih menggunakan smartphone atau tablet anda. Bukan hanya itu, bayangkan ketika tiba – tiba monitor jadi rusak. Daripada berlama – lama memperbaiki, keburu waktu habis, akan lebih baik bila anda menggunakan smartphone atau tablet anda sebagai monitor untuk FPV, sehingga anda bisa lanjut walau dengan rasa kurang ”ngeh” karena tidak memakai monitor seperti biasanya.




7. Lens Cab
Aksesoris DJI Phantom Yang Layak Dibeli - GudangDrone
Lens Cab Kamera DJI Phantom
         Barang yang imut ini, ternyata juga sangat berguna. Tutup lensa ini, bisa melindungi lensa dari debu – debu yang siap mengendap di bagian lensa kamera DJI Phantom anda. Dengan menutupi lensa dengan Lens cab ini, lensa kamera Drone anda akan lebih terlindungi dari serangan debu yang bisa masuk kedalam lensa kamera bahkan ke sela – sela lensa yang sempit, namun berdampak sangat buruk karena kualitas gambar dari kamera akan terlihat kurang jernih.





         Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Bila anda sanggup untuk melakukan tindakan preventive, anda tentu akan terhindar dari masalah – masalah seputar menerbangkan drone yang salah satunya adalah “Tidak Bisa Terbang Lagi” itu tadi. Dengan melakukan tindakan preventive serta melakukan penerbangan yang baik dan benar, semoga kita semua sebagai pilot drone bisa terbang dengan aman, dan lancar hingga akhir. Nah, mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengenai aksesori dan sparepart yang baik dibawa ketika bepergian dengan drone DJI Phantom.