Spesifikasi Kamera GoPro Hero 2

Spesifikasi GoPro Hero 2 Terlengkap - GudangDrone
Spesifikasi GoPro Hero 2


         Mengawali maraknya action cam yang jadi semakin populer di kian hari, membuat GoPro mengeluarkan produk barunya selain untuk memberikan produk yang lebih baik dari versi sebelumnya, juga untuk memikat hati para travelers atau orang – orang yang membutuhkan kamera GoPro untuk merekam aktifitas mereka dimana aktifitas itu tidak bisa diambil dengan sembarang kamera, misalna ketika menyelam, mount climbing, terjun bebas, paralayang, gantole, bahkan olahraga lain seperti Airsoftgun misalnya. Dengan menggunakan GoPro Camera, mereka akan jauh lebih menikmati aktifitas mereka sembari mengabadikannya baik dalam bentuk gambar ataupun video. Berkat antusias para user yang kebanyakan adalah orang yang suka olahraga ekstrim, membuat GoPro mengeluarkan produk terbarunya yang memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada seri sebelumnya. Dan di postingan kali ini, kita akan mencoba melihat bagaimana spesifikasi dari kamera yang di maksud dari tadi.




         Kamera yang dimaksuda adalah GoPro HERO 2, Kamera ini adalah generasi penerus dari GoPro HERO yang terlebih dahulu eksis. Bahkan di versi dulunya tersebut GoPro HERO sudah sangat diminati karena kemampuannya yang multiguna. GoPro HERO juga sudah bisa digunakan dibawah air, diatas udara, dan dimanapun anda berada selama unit kamera tetap terlindung oleh casenya yang juga bisa dibilang tahan banting. Dalam beberapa review berdasarkan pengalaman para pecinta olahraga ekstrim juga mereka berkata, GoPro HERO 2 mereka beberapa kali pernah terjatuh secara tidak sengaja karena terpaan angin atau bahkan benturan benda keras sehingga copot dari holder, dan pada akhirnya setelah mereka cek, kamera GoPro HERO 2 mereka masih dalam keadaan normal tanpa kerusakan sedikitpun bahkan di bagian eksternal case atau boxnya.



         Dan juga bila digunakan untuk kamera pada drone. Pada dasarnya GoPro HERO 2 juga termasuk ke dalam kamera yang direkomendasikan, karena sudah tidak diragukan lagi bagaimana kualitasnya. Terlebih di kamera GoPro HERO 2 ini juga sudah memiliki kualitas video yang sangat baguus sehingga bila anda menggunakan drone untuk projek videografi, GoPro HERO 2 bisa dijadikan refrensi kamera yang disarankan. Dan untuk spesifikasi tabelnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini:

Spesifikasi GoPro Hero 2 Terlengkap - GudangDrone


         GoPro HERO 2 ini memiliki lensa kamera yang resolusinya sebesar 11 MP. Resolusi yang sudah cukup besar untuk sebuah Action Cam. Dan dengan resolusi yang sebesar ini anda sudah bisa mendapatkan video dengan kualitas maksimal. Bila untuk drone sekalipun anda sudah lebih dari cukup bila menggunakan GoPro HERO 2 ini di drone anda. Nah, untuk format videonya sendiri anda akan mendapatkan video hasil berformat H.264 atau lebih tepatnya berformat .mp4 . Tentusaja dengan kualitas yang masih optimal, sehingga anda bisa memprosesnya lebih lanjut untuk projek anda nantinya. Terlebih MP4 juga bisa dibilang tidak memakan memory, sehingga anda bisa mendapatkan video berdurasi panjang namun dengan ukuran yang seminimal mungkin.



         Sedangkan untuk resolusi videonya, anda bisa memilih sendiri sesuai kebutuhan. Dalam GoPro HERO 2 ini anda bisa memilih resolusi video mau sebesar 1080p, 960p, 720p atau WVGA. Dan untuk FPS nya sendiri juga berbeda di setiap resolusinya. Misalkan untuk 1080p bisa mencapai 30fps. Dan untuk resolusi 960p juga  sampai 30fps, lalu di 720p bisa sampai 30/60fps. Yang terakhir untuk resolusi WVGA bisa mencapai 120fps. Dengan begini anda lebih bebas menggunakan resolusi yang ada untuk video anda dengan mempertimbangkan fpsnya juga.Untuk view angle nya anda bisa mendapatkan nilai maksimalnya di 170 derajat di kamera GoPro HERO 2.



         Dan untuk bagian baterainya, GoPro HERO 2 ini dilengkapi dengan baterai bawaan bertegangan 3.7 Volt yang memiliki kapasitas sebesar 1100 mAh dengan jenis baterai Li-Ion. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda sudah bisa melakukan pengambilan gambar secara maksimal. Selain itu dibagian tempat baterainya juga dilengkapi dengan battery warmer atau penghangat baterai, disini anda bisa mendapat keuntungan ketika anda menggunakan GoPro HERO 2 di tempat yang dingin, baterai GoPro HERO 2 tidak akan tiba – tiba drop karena suhunya yang dingin berkat adanya penghangat baterai yang sudah tertanam di kamera GoPro HERO 2.

Spesifikasi GoPro Hero 2 Terlengkap - GudangDrone
Baterai GoPro Hero 2


         Untuk konektifitasnya, GoPro HERO 2 memiliki beberapa port dibadannya dan juga Wifi. Di bagian samping kamera terdapat beberapa port yang bisa anda manfaatkan seperti Mini USB port, Mini HDMI Port, 3.5mm stereo mic input, WiFi BacPac, dan juga SD Card Slot tentunya. Tak Cuma itu, di bagian depan dari kamera GoPro HERO 2 juga memiliki sebuah LCD kecil yang menampilkan status, mode, dan info mengenai keadaan kamera yang tentunya mudah dipahami. Di bagian tengah juga terdapat lampu indikator yang akan menyala sesuai apa yang sedang dilakukan oleh kamera, misalkan kamera sedang standby, mengambil foto, atau merekam video.

Spesifikasi GoPro Hero 2 Terlengkap - GudangDrone
Konektifitas GoPro Hero 2


         Untuk digunakan dibawah air, GoPro HERO 2 ini jelas dilengkapi dengan box atau case yang sudah waterproof. Dengan case bawaan dari GoPro HERO 2, anda bisa menggunakan GoPro HERO 2 dibawah air dalam kedalaman hingga sedalam 60 meter dibawah permukaan air. Dengan kedalaman sedalam itu tentu anda bisa mengambil gambar pemandangan dibawah air yang tidak akan bisa ditemui di atas daratan. Selain berfungsi sebagai waterproof, case bawaan ini juga bisa dibilang sebagai tameng dari GoPro HERO 2 karena bahannya yang keras namun bisa menjaga GoPro HERO 2 agar tetap aman walau terkena benturan dan jatuh dari ketinggian sekalipun dengan catatan jatuhnya tidak di permukaan yang sangat keras misalkan beton.



         Dengan beratnya yang sangat ringan, juga menjadi salah satu alasan mengapa GoPro HERO 2 ini juga cocok dipasang untuk kamera drone. Dengan menambahkan unit gimbal, anda bahkan sudah bisa memasang GoPro HERO 2 ini pada drone sekaligus bisa anda kendalikan arah angle kamera melalui remote control. 

Spesifikasi GoPro Hero 2 Terlengkap - GudangDrone
Spesifikasi GoPro Hero 2



         Untuk harganya, sebagai kisaran saja, GoPro HERO 2 ini memiliki harga sekitar $200 hingga $250, untuk harga indonesianya, tentu tetap berpacu pada harga dollar tersebut, namun tetap saja harga bisa berubah sewaktu – waktu terlebih bila GoPro sudah mengeluarkan produk terbarunya yang lebih memikat para user, baik orang yang suka extreme sport hingga pilot drone seperti pembaca GudangDrone.