Spesifikasi Drone Walkera QR X350

          Dalam deretan drone professional yang khususnya digunakan lebih ke pemanfaatan kamera yang dipasang dibadan drone untuk melakukan pengambilan gambar, baik itu untuk tujuan pemetaan, dokumen pribadi, liputan dan tujuan – tujuan lainnya, kita sudah sangat familiar untuk drone yang paling mendominasi yakni buatan DJI. Mengapa DJI karena drone buatan DJI memang memiliki kualitas yang sepadan dengan apa yang dibutuhkan oleh sang pilot. Namun ada satu masalah yang sering menghalangi pilot untuk memiliki drone DJI yaitu karena harganya yang sangat mahal. Walaupun sebenarnya harga dan kualitas tidak mengecewakan, namun bila anda memang belum mampu membeli drone yang harganya selangit itu, anda sebenarnya bisa membeli drone yang harganya tidak semahal DJI namun juga sudah tergolong drone professional. Apakah ada? Jelas ada.


 
Spesifikasi Drone Walkera QR X350 - GudangDrone
Review Walkera QR X350

          Salah satunya anda bisa coba drone buatan Syma yang sudah bisa ngangkat ActionCam + Gimbal. Atau anda juga bisa coba drone buatan Xiaomi yang disebut drone professional dengan harga miring. Namun bila anda mencari drone professional dengan merk yang juga terkenal namun harganya tidak semahal DJI Series, anda bisa mencoba drone buatan Walkera yang satu ini. Anda pasti berfikir, Walkera yang racing saja harganya selangit, terus yang satu ini seberapa mahal? . Untuk urusan harga itu belakangan, yang penting anda tau dulu spesifikasi dari drone buatan Walkera yang memiliki nama produk Walkera QR X350. Nah, sebenarnya drone ini juga memiliki beberapa tipe seperti DJI, mulai dari Basic hingga Pro, namun dalam kesempatan kali ini agar tidak membingungkan kami akan membahasnya secara keseluruhan saja.



          Walkera QR X350 ini memiliki ukuran yang bisa dibilang sama seperti DJI Series, ukuran yang memang dinilai ideal untuk sebuah drone yang digunakan khusus untuk mengambil gambar secara professional. Walkera QR X350 juga sudah menggunakan motor jenis Brushless sehingga untuk efisiens tenaganya lebih tinggi dan juga lebih besar sehingga jelas, daya angkatnya kuat. Dia juga memiliki kaki yang ukurannya panjang. Kaki ini bisa membuat Walkera QR X350 untuk berdiri gagah diatas tanah. Selain itu sebenarnya fungsi kaki yang panjang ini juga untuk melindungi unit Gimbal yang membawa kamera yang disini sebagai bagian yang cukup pokok juga. Dengan adanya kaki ini, anda akan terhindar dari kerusakan gimbal dan kamera apabila anda mendaratkan drone dengan cara kasar alias tidak halus. Keadaan seperti itu mungkin bisa jarang untuk Walkera QR X350 karena sudah memiliki one key take-off and landing, namun semua kecelakaan itu tidak bisa diprediksi, sehingga Walkera tetap memberi Drone Walkera QR X350 ini kaki yang besar, panjang dan kokoh.



          Untuk fitur dan sensor – sensor yang ditanamkan di mainboard Drone Walkera QR X350 juga sudah kompleks, pasalnya drone ini sudah memiliki banyak sekali sensor seperti Altitude sensor yang bisa mengetahui tinggi drone sekaligus melakukan beberapa fungsi mengenai ketinggian, lalu tak lupa juga dengan Compass sensor, dimana akan berfungsi sehingga drone bisa mengetahui dimana arah utara, selatan, barat dan timur. Dan tentu juga ada GPS yang mendapat dukungan dari kompas tadi, sehingga drone bisa tau dimana titik lokasi dia akan kembali pulang dan titik dimana ia sedang terbang secara realtime. Untuk listnya, inilah fitur yang ada di Drone Walkera QR X350

Features:
• Completely Ready to Fly
• High capacity 3S 5200mAh LiPoly battery provides 25 minute flight times
• Improved precision flight control system
• Enhanced GPS position holding
• Altitude sensor
• Compass sensor
• G-2D brushless camera gimbal (compatible with iLook and GoPro Hero 3)
• One Key "Return to Home"
• Stable mode with GPS and altitude hold
• Failsafe to return home & landing
• Low voltage protection
• Devention DEVO 10 programmable transmitter with 2KM control range (mode 1)
• Balance charger with world compatible wall adapter
• Easy to see LEDs



          Dengan fitur pendukung yang sepertinya sepele seperti Low Voltage Protection, sebenarnya fitur yang terlihat sepele ini sangat berguna bagi anda yang terutama tidak suka memperhatikan kapasitas baterai, atau memang sering kali ketika kita sudah terbang, kita lupa sudah berapa lama kita terbang, sehingga degan adanya fitur yang sederhana itu, anda bisa mengetahui disaat baterai Drone Walkera QR X350 sudah mau habis sehingga anda bisa langsung memendaratkan drone dengan aman.


Dan untuk spesifikasi tambahannya anda bisa lihat dibawah ini
Main Rotor Diameter: 556mm
Main Rotor Blade Length: 206mm
Length: 289mm
Width: 289mm
Height: 200mm
Brushless Motor: WK-WS-28-008A
Brushless ESC: WST-15A(G/R)
Receiver: RX703
Main Controller: DEVO-M
Transmitter: DEVO 10
Battery: 3S 11.1V 5200mAh Lipoly
Flight Time: 25 minutes
Brushless Gimbal Support: G-2D (Compatible with iLook and GoPro Hero 3)



          Untuk baterai yang dibawai Walkera untuk drone ini, dia dibekali dengan baterai yang kapasitasnya sebesar 5200 mAh. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan drone ini hingga selama 25 menit. Waktu yang sudah cukup lama bila untuk mengambil gambar menggunakan drone sehingga anda pasti sudah puas dengan waktu terbangnya. Dan ketika baterai mulai habis, jangan langsung di recharge, namun diamkan baterai kira – kira selama 15 menit supaya kondisi baterainya sudah stabil, setelah itu baru anda bisa merecharge baterai menggunakan charger bawaan dari Walkera, ketika proses pengisian ulang juga sempatkan beberapa kali untuk mengecek kondisi baterai untuk mengantisipasi kejadan yang tidak diinginkan ketika recharge. Dan untuk waktu rechargenya kira – kira selama 2 jam an.

Spesifikasi Drone Walkera QR X350 - GudangDrone


          Dan untuk Remote Drone Walkera QR X350, sebenarnya anda bisa meggunakan ketiga remtoe diatas, baik DEVO 7, DEVO 10 atau DEVO F7 semua sama – sama bagus. Dengan frekuensi tinggi 2.4 GHz yang akurat membuat anda tidak hanya bisa mengendalikan unit drone saja namun anda juga bisa mengaktifkan berbagai fitur bawaan Drone Walkera QR X350 dari remote ini. Selain itu didukung dengan LCD kecil yang bisa menampilkan berbagai informasi seputar drone seperti kapasitas baterai, kekuatan sinyal, dan lain – lain sehingga anda bisa mengetahui kondisi drone yang sebenarnya secara realtime, bahkan di remote DEVO F7 anda bisa langsung ber FPV melalui LCD kecil yang ada di bagian bawah remote. Namun tetap semua bisa digunakan untuk FPV, karena tidak ada Drone Professional yang tidak bisa menggunakan fitur FPV. Untuk jangkauan terbang dari drone ini juga sangat jauh, yakni bisa sampai 2 KM jauhnya. Jarak sejauh itu sudah lebih dari cukup untuk anda menerbangkan dan mengambil gambar menggunakan drone.

Spesifikasi Drone Walkera QR X350 - GudangDrone


          Di unit kameranya, sebenarnya anda bisa membeli kamera yang ditawarkan oleh Walkera yang bernama iLook. Dengan kamera iLook anda sudah bisa mengambil gambar menggunakan Drone Walkera QR X350 baik dalam bentuk foto ataupun video. Dan bila untuk merekam video anda bisa mendapatkan hasil maksimal video berresolusi 1280 x 720p. Resolusi yang sudah bagus baik untuk liputan atau video dokumentasi sekalipun, tak Cuma itu, anda juga bisa menggunakan kamera GoPro anda sendiri bila tidak memakai kamera iLook, dan untuk FPV nya anda bisa FPV hingga jarak lebih dari 500 meter dengan frekuensi 5.8GHz. Dan berkat adanya Gimbal di drone ini, membuat anda menjadi bisa menggerakkan kamera ke arah yang anda kehendaki sehingga ada bisa mengambil gambar sesuai dengan angle keinginan anda.


Spesifikasi Drone Walkera QR X350 - GudangDrone
Walkera QR X350 Kit


Untuk tiap pembeliannya umumnya anda akan mendapatkan:
-          Walkera QR X350 PRO Ready to Fly Quadcopter
-          G-2D brushless camera gimbal
-          Spare propellers
-          DEVO 10 Transmitter (Mode 1 - right stick throttle)
-          QR X350 PRO 11.1V 3S 5200mAh LiPoly battery
-          iLook Camera (Optional)
-          Balance Charger with world power plug adapters EU,UK,US, AUS
-          CD untuk Pemrograman



          Memang Drone Walkera QR X350 ini juga bisa anda kembangkan sendiri karena di tiap pembelan anda akan mendapatkan CD Developer dimana anda bisa mensetting kemampuan drone agar menjadi versi anda sendiri. Bahkan anda juga bisa meningkatkan kualitas drone anda dengan menerapkan program yang tidak ada di sistem defaultnya sehingga anda bisa memiliki drone yang lain daripada yang lain.

 
Spesifikasi Drone Walkera QR X350 - GudangDrone
DJI Phantom 2 VS Walkera QR X350


          Nah untuk harganya, bila anda hendak membeli drone ini, seperti yang sudah disinggung di awal tadi, bahwa Drone Walkera QR X350 memiliki harga yang lebih murah bila dibandingakan dengan DJI Series. Anda bisa mendapatkan drone ini dengan harga kisaran sebesar Rp 6.500.000,- an. Harga ini masih kisaran saja, jadi bisa diatas atau dibawah harga tertera, dan bisa dilihat bila drone ini memang memiliki harga yang lebih murah daripada DJI namun sudah tergolong kedalam Professional Drone yang difokuskan untuk pekerjaan pengambilan gambar melalui udara.