Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4

Berbicara tentang action cam tentu kebanyakan orang langsung memikirkan action cam yang sangat populer apalagi kalau bukan GoPro. Nah, setelah sukses dengan produknya yang terdahulu, mulai dari GoPro Hero, Hero 2, Hero 3, hingga Hero 3+, GoPro masih terus mengembangkan produknya supaya memiliki kualitas yang lebih bagus lagi. Pengembangan itu tentu menghasilkan sebuah produk yang lebih hebat lagi dan menjadi generasi baru di keluarga GoPro Hero series khususnya. Dengan mengedepankan mode perekaman video yang mampu menghasilkan video 4000p atau lebih populer dengan sebutan 4K. GoPro sangat percaya diri bahwa produknya kali ini tetap menjadi pemimpin di pasaran sebagai action cam terbaik dan terlaris serta paling populer digunakan untun berbagai keperluan.


 
Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4 - GudangDrone
Bentuk GoPro Hero 4

Setelah sekian lama pengembangan, GoPro akhirnya mengeluarkan produk barunya yakni GoPro Hero 4. GoPro Hero 4 hadir dengan bentuk khas action cam beserta waterproof casenya yang membuat anda bisa menggunakan kamera GoPro Hero 4 ini di segala medan, baik di darat, air maupun udara. Dengan fitur yang lebih lengkap dari generasi sebelumnya, membuat GoPro Hero 4 ini menjadi action cam masa kini yang sangat bagus digunakan untuk mengabadikan momen anda, khususnya para pilot drone yang menjadi pembaca setia disini. Dengan GoPro Hero 4 yang anda pasang di drone anda, anda bisa mendapatkan gambar yang sangat bagus, dan bahkan melalui perangkat fpv, anda bisa langsung melakukan FPV ria menggunakan GoPro Hero 4.



GoPro Hero 4 hadir dalam dua varian, yakni GoPro Hero 4 Black, dan yang satu lagi GoPro Hero 4 Silver. Keduanya pada dasarnya memiliki kemampuan yang sudah melebihi action cam merk lainnya, namun dari kedua varian itu, yang bisa merekam video dengan resolusi 4K, adalah GoPro Hero 4 Black. Ini membuat anda sebagai pilot drone khususnya, anda bisa memilih diantara kedua varian itu mana yang sesuai untuk kebutuhan pengambilan gambar anda. Bila anda membutuhkan gambar berkualitas maksimal 4K karena nantinya akan digunakan untuk liputan di stasiun TV Kabel misalnya, umumnya kualitas yang digunakan adalah HDTV, sehingga anda bisa memilih GoPro Hero 4 Black supaya lebih leluasa dalam memilih kualitas video yang dihasilkan nantinya.


Untuk perbandingan kecilnya bisa dilihat pada gambar dibawah


Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4 - GudangDrone


Nah melalui gambar diatas bisa dilihat, bila GoPro Hero 4 Black memiliki pilihan resolusi video yang lebih beragam. Mulai dari yang paling tinggi yaitu 4K dalam 30fps, hingga ke 720p dalam 240fps. Resolusi terkecilnya saja sudah termasuk HD, apalagi bila anda akan menggunakan resolusi yang lebih besar dari 720p. Didukung oleh lensa kamera yang memiliki resolusi sebesar 12 MP membuatnya selain bisa merekam video dengan resolusi super saja namun juga bisa mengambil gambar dengan ukuran yang besar. Bahkan bisa mengambil gambar dengan mode burst hingga 30fps.



Baik yang Black ataupun yang Silver, keduanya memang sudah memiliki lensa 12MP, sama juga bisa mengambil foto 30fps brust. Pada dasarnya yang menjadi perbedaan hanyalah resolusi video yang dapat dihasilkan oleh masing – masing kamera, bila si black bisa merekam dalam resolusi 4K, nah si silver hanya bisa merekam di resolusi 2.7K saja. Selain itu yang menjadi perbedaan kedua adalah bila layar si black tidak touchscreen, nah si silver ini malah memiliki layar touchscreen. Di sisi kelengkapan sebenarnya juga ada sedikit perbedaan antara GoPro Hero 4 Black dengan Silver, yaitu GoPro Hero 4 Black sudah disertai dengan wifi remote di setiap pembeliannya, namun untuk GoPro Hero 4 Silver tidak. Jadi di tiap varian ini saling memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena sesungguhnya didunia ini tidak ada yang sempurna.



Keduanya juga sudah dilengkapi dengan kemampuan Time Lapse, dimana anda merekam selama satu jam lebih, namun hasil videonya bisa jadi hanya beberapa menit saja alias dipercepat. Walaupun begitu, hasil gambarnya masih tetap bertahan bagusnya, terutama di sisi pencahayaannya. Baik GoPro Hero 4 Black ataupun Silver, keduanya sudah memiliki fitur auto low light, sehingga walau cahayanya redup, gambar akan tetap ditangkap dengan cara sejelas mungkin, sehingga hasilnya masih bisa dilihat dan dinikmati. Untuk Field of View atau lebih sering disingkat FOV dari kedua varian ini sama, yakni Ultra Wide, Medium dan Narrow.
Dan untuk perbandingan lengkapnya, anda bisa melihatnya di gambar berikut ini,

 
Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4 - GudangDrone
Perbandingan GoPro Hero 4

Nah, dari gambar diatas, kita bisa melihat di bagian baterainya. Baik GoPro Hero 4 Black atau GoPro Hero 4 Silver ternyata memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sama, yakni sebesar 1160mAh dengan jenis baterai Li-Ion yang bisa di isi ulang tentunya. Di GoPro Hero 4 series ini, sebenarnya juga masih bisa dipasang battery warmer seperti generasi lawas untuk membuat baterai GoPro Hero 4 tidak tiba – tiba drop karena suhu yang dingin, namun aksesori ini bisa dibeli secara terpisah. Tapi tidak dengan waterproof casenya, setiap pembelian pasti akan mendapatkan secara gratis. Dan dengan case ini, anda bisa menggunakan GoPro Hero 4 didalam air hingga kedalaman max 40 meter dibawah permukaan air. Namun untuk pilot drone, case ini lebih berguna untuk melindungi unit kamera dari benturan yang kemungkinan terjadi ketika menerbangkan drone.

 
Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4 - GudangDrone
Baterai GoPro Hero 4

GoPro Hero 4 juga masih mempertahankan dengan banyaknya fitur yang dimilikinya, contoh kecilnya saja adanya Wifi, Bluetooth, dan juga App yang bisa anda download ke smartphone anda membuat anda yang tidak sabaran untuk membagikan hasil jepretan ke sosial media. Tidak perlu transfer gambar dari Memory ke smartphone, namun gambar akan bisa langsung tersimpan kedalam smartphone anda lantas anda bisa langsung share ke berbagai sosial media anda. Menyinggung sedikit mengenai penyimpanan. Nah, di GoPro Hero 4 series ini baik si Black maupun si Silver juga bisa anda pasangi memori jenis Micro SD di kameranya. Dan keduanya bisa support micro SD hingga 64GB. Namun untuk saran saja nih, diusahakan anda memakai Micro SD Class 10 atau UHS-1 supaya transfer datanya lebih cepat.



Nah, dengan adanya dua varian. Itu artinya anda diberi kebebasan untuk memilih GoPro Hero 4 mana yang paling pas dengan keinginan anda atau pekerjaan anda. Karena fungsi GoPro camera selama ini sudah dikembangkan sehingga tidak hanya untuk menemani para pecinta olahraga ekstrim saja namun juga sekarang banyak dimanfaatkan untuk pengambilan gambar oleh kru – kru dari pertelevisian juga. Sehingga sampai di generasi GoPro Hero 4 ini, pemanfaatan action cam tidak hanya untuk merekam olah raga ekstrim saja seperti pada awal – awal diluncurkannya action cam.


Spesifikasi Kamera GoPro Hero 4 - GudangDrone



Yang terakhir, bila anda hendak membeli sebuah GoPro Hero 4, tentu untuk yang Black dan yang Silver memiliki harga yang berbeda. Dan dikutip dari situs GoPro langsung ketika postingan ini ditulism harga untuk sebuah GoPro Hero 4 Black adalah sekitar $500, dan untuk yang Silver adalah $400. Bila untuk harga indonesianya, anda bisa mengkonversinya dengan kurs rupiah saat ini.