Cara Mengganti Motor Drone Cheerson CX-10

Motor adalah salah satu komponen yang harus ada dalam drone. Tanpa motor, drone adalah mobil tanpa mesin. Karena motor adalah satu – satunya mesin yang bisa membuat drone bisa terbang dengan cara motor memutar propeller sehingga menimbulkan dorongan angin. Oleh karena itu, bagian motor tentu juga harus mendapatkan perhatian khusus dari kita. kita harus selalu memeriksa bagian motor ini, baik yang brushed atau brushless, dan juga harus senantiasa dibersihkan terutama bagi drone yang menggunakan gearbox supaya gear nya tidak ompong yang akibatnya putaran motor ke propeller menjadi tidak sempurna lagi. Namun walaupun kita sudah merawat drone dengan baik, tetap ada kemungkinan terjadi kerusakan, terlebih apabila drone mengalami crash, seperti menabrak dinding, atau jatuh dengan keras.


Cara Mengganti Motor Drone Cheerson CX-10 - GudangDrone


Dengan begitu, ada beberapa kemungkinan bagian yang crash, salah satunya adalah bagian motor. Motor bisa rusak karena beberapa hal sebenarnya. Seperti ketika drone menukik langsung kebawah dengan propeller yang langsung mengenai tanah, atau juga drone yang secara langsung menabrak dinding dan dia tidak menggunakan propeller protector. Sehingga kerusakan pada motor seperti muncul bau gosong, motor tidak bisa berputar, motor jadi bengkok pada bagian besi tengahnya, dan lain – lain. Bila sudah tidak ada harapan, otomatis kita harus mengganti motornya supaya drone kita bisa terbang lagi. Masalah seperti ini sering terjadi terutama pada drone yang masih menggunakan motor brushed.


Apabila drone anda menggunakan motor brushed. Untuk mengganti motornya tidaklah susah. Yang harus anda persiapkan alat dan bahannya adalah sebagai berikut

Alat:
-          Solder
-          Tenol
-          Obeng


Bahan:
-          Drone rusak motornya
-          Motor baru yang sesuai (ukuran dan jenisnya CW atau CCW)

Cara Mengganti Motor Drone Cheerson CX-10 - GudangDrone


Lihat, tidak memerlukan banyak alat dan bahan kan? Nah, mungkin yang perlu dijelaskan disini adalah ukuran motor. Untuk ukuran motor brushed drone, sebenarnya anda tidak perlu khawatir, karena ketika membeli, tinggal bawa saja motor yang rusak ke si penjual spare part. Atau apabila anda beli online, masukkan keyword tipe drone anda setelah kata “motor”. Lalu untuk jenisnya ada dua yakni CW dan CCW. CW adalah kependekan dari Clockwise atau searah jarum jam. Yakni motor yang berputar searah jarum jam. Umumnya kabelnya berwarna merah dan biru. Dan yang satunya CCW adalah Counter Clockwise yakni berlawanan arah jarum jam. Umumnya berwarna putih dan hitam.



Untuk bagian kutup positif dan negatifnya seperti ini:

Cara Mengganti Motor Drone Cheerson CX-10 - GudangDrone


Nah, kami rasa anda sudah paham untuk jenis dan juga pemasangannya. Dan sekarang waktunya praktik mengganti motor drone anda yang rusak. Untuk kasus kali ini sebagai contoh kami akan menggunakan mini drone Cheerson Cx-10C. untuk seri lainnya kurang lebih sama stepnya. Caranya seperti dibawah ini.



Pertama buka body drone anda dengan cara mencabut sekrup atau baut yang ada pada drone sehingga anda bisa melihat motor dan perkabelannya.

Cara Mengganti Motor Drone Cheerson CX-10 - GudangDrone


Panaskan solder, lalu copot bagian motor drone yang rusak. Namun sebelumnya ingat bagian kabelnya, baik yang berwarna putih hitam atau merah biru, apabila takut salah, bisa anda foto dulu. Namun kebanyakan pada PCB nya sudah ada tanda (+) dan (–) nya. Sehingga anda tidak perlu ragu nantinya.



Setelah motor rusak sudah terlepas segera siapkan motor penggantinya. Nah, disini sebenarnya apabila motor CW anda yang rusak, anda tidak harus menggantinya dengan motor CW, namun anda juga bisa menggantinya dengan motor CCW. Namun pemasangan kabelnya diubah, yang (+) dipasang di (-) , dan yang (–) dipasang di (+).



Tapi untuk kali ini, pasang apa adanya dulu, karena disini motor CW nya yang rusak, maka diganti dengan motor CW yang baru. Anda hanya harus solder lagi kabel dari motor baru ke PCB seperti semula, jangan sampai kebalik antara kutub (+) dan (–) nya.


Apabila sudah terpasang, anda bisa menghidupkan drone, dan coba binding dengan remote, lalu angkat throttle nya apabila motor sudah berputar, maka anda bisa langsung menutup kembali body drone anda sehingga seperti semula lagi.



Setelah selesai, sekarang pasang baling – balingnya. Jangan sampai salah pasang propeller, untuk Quad-Copter pemasangan propeller harus seperti ini yang benar. Ketika propeller sudah terpasang secara benar. Coba terbangkan drone. Dan selamat. Drone anda sudah bisa terbang lagi.



Untuk mencegah drone mengalami kerusakan pada motor, sebenarnya ada cara yang memang sudah dipaparkan juga oleh para produsen drone. Yakni dengan memasang propeller protector. Propeller protector tersebut tidak hanya berfungsi untuk melindungi propeller saja, namun juga bisa berfungsi untuk melindungi bagian gearbox, dan juga motor. Namun pada penerapannya propeller protector ini dirasa menambah berat drone, sehingga banyak orang yang lebih memilih mencopotnya ketika menerbangkan drone.



Nah, bagaimana? Ternyata mengganti motor drone itu mudah kan? Tidak sesusah yang dibayangkan, anda hanya harus solder di dua titik saja sudah beres. Oke, semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan apabila tutorial diatas kurang jelas, kami ada videonya juga untuk memperjelas bagaimana cara mengganti motor drone seperti diatas. Mohon maaf kalau videonya kurang jernih.