Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter

Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter - GudangDrone
DJI Phantom 4 plus GoPro


        Setelah Phantom 2 menjadi paling laris di tahun 2015, lalu di awal tahun 2016 Phantom 3 yang menjadi primadona banyak pilot, dan kini DJI mengeluarkan generasi baru dari Phantom yaitu DJI Phantom 4. Tentu bagi yang belum sempat membeli DJI Phantom 3 akan langsung lebih tertarik untuk membeli DJI Phantom 4 karena sudah jelas, DJI Phantom 4 sebagai penerus DJI Phantom 3 pasti memiliki penyempurnaan dan kemampuan lebih baik daripada generasi sebelumnya. Nah bagi anda yang penasaran bagaimana spesifikasi dari DJI Phantom 4 ini, anda bisa membaca ulasan kali ini karena kita akan coba mengulas bagaimana spesifikasi, fitur serta tentunya kualitas kamera yang memiliki gimbal di DJI Phantom 4 ini.



       Jika dilihat dari bentuk dronenya, DJI Phantom 4 ini memiliki body yang terkesan gemuk, dan memiliki sisi body yang melengkung halus pada tiap sisinya, sehingga ketika dilihat pun DJI Phantom 4 ini sudah terlihat megah. Memiliki body yang membentuk huruf X dan memiliki empat buah propeller yang digunakannya untuk bisa terbang sehingga DJI Phantom 4 masuk kedalam jenis Quad-Copter. Yang terlihat menonjol di body ini adalah ketika anda memasukkan baterai ke unit drone, maka slot baterai di badan drone terlihat memiliki ukuran yang lebih besar daripada DJI Phantom 3. Itu karena memang baterai DJI Phantom 4 ini memiliki kapasitas yang lebih besar, sehingga ukuran baterainya juga bertambah besar pula.

Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter - GudangDrone
Baterai DJI Phantom 4


       DJI Phantom 4 adalah drone professional, selain memiliki GPS untuk mendukung fitur return to home andalannya, serta memiliki beragam sensor untuk bisa menghindari halangan, sampai untuk bertahan dari terpaan angin. Dia juga dilengkapi dengan kamera yang kualitasnya sudah sangat bagus. Belum lagi dengan gimbal yang bisa anda kendalikan juga. Karena drone ini memiliki kamera yang memakai gimbal, otomatis ukuran keduanya menjadi besar, sehingga DJI Phantom 4 ini juga memiliki kaki, yang selain membuat drone ini bisa berdiri di atas permukaan tanah, kaki ini juga bisa berfungsi sebagai pelindung unit kamera agar ketika landing langsung ke tanah, kamera tidak akan menghantam permukaan tanah, karena jika itu terjadi bukan hanya kamera yang bisa rusak namun gimbalnya juga bisa rusak. Apalagi jika anda menggunakan action cam professional seperti GoPro.



       Seperti yang sudah kita cuplik di atas tadi, bahwa DJI Phantom 4 memiliki ukuran baterai yang lebih besar daripada generasi sebelumnya. Memang benar, karena baterai DJI Phantom 4 ini memiliki kapasitas sebesar 5350 mAh, dan tegangannya sebesar 15.2 Volt dan menggunakan jenis baterai Li-Po 4S. Dengan baterai yang lebih besar ini, DJI Phantom 4 bisa terbang selama kira - kira 28 - 30 menit. Tentu ini sudah merupakan waktu yang lama untuk sebuah drone terbang, selain itu selama terbang pula anda juga sudah bisa mengambil gambar melalui kamera DJI Phantom 4. Ketika baterai habis, anda bisa melakukan pengisian ulang menggunakan charger bawaan DJI tentunya yang sudah memiliki fitur smart charger, sehingga baterai yang di charge bisa terisi dengan maksimal dan tidak overcharge.

Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter - GudangDrone
Remote DJI Phantom 4


       Untuk remotenya, DJI Phantom 4 tentu masih menggunakan desain remote yang simpel namun sudah kompleks tentunya. Semua fitur pada DJI Phantom 4 bisa anda aktifkan melalui remote ini. Frekuensinya masih menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Dengan remote ini anda bisa menerbangkan DJI Phantom 4 hingga 5 km jauhnya. Dan jangan takut hilang, karena Dia memiliki fitur Return To Home, jadi sebelum terbang anda bisa mengunci dimana posisi awalnya agar ketika drone kehilangan sinyal atau baterai melemah dia bisa kembali dengan sendirinya melalui panduandari GPS yang tertanam dibadannya. Remote DJI Phantom 4 ini juga bisa dipasang smartphone untuk layar FPV, dengan menginstal app DJI, anda sudah bisa menikmati fitur FPV dari drone ini, sekaligus mengabadikannya dalam bentuk foto ataupun video.



       DJI Phantom 4 memiliki kamera yang sudah bagus kualitasnya baik dalam mengambil gambar ataupun video. DJI Phantom 4 dbekali dengan kamera yang memiliki resolusi sebesar 12 MP. Kamera ini terpasang pada Gimbal yang bisa anda gerakan juga tentunya. Sehingga ketika terbang anda bisa memposisikan kamera agar mendapatkan angle terbaik untuk mengambil gambar atau video. Nah untuk mengambil gambar,. dengan kamera ini anda bisa mendapatkan gambar dengan ukuran 4000 x 3000 pixel. Serta jika untuk mengambil video anda bisa mengambil gambar hingga kualitas UHD 4K dengan kamera ini. Namun jika anda merasa video 4k terlalu besar, anda bisa mensetting kualitasnya menjadi FHD atau HD. Kamera ini juga yang membuat DJI Phantom 4 menjadi drone yang di idamkan oleh banyak pilot ternyata.

Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter - GudangDrone
 DJI Phantom 4 terbang


        Di bagian ujung dari tiap lengan DJI Phantom 4 juga memiliki LED, yang bisa menyala. Selain berfungsi sebagai indikator, LED ini juga bisa menjadi tanda keberadaan drone anda jika anda menerbangkannya di tempat yang minim cahaya atau ketika anda menerbangkan drone DJI Phantom 4 ini dimalam hari.


Deskripsi Drone

Weight (including battery and propellers)
1380 g
Max Ascent Speed
6 m/s (Sport mode)
Max Descent Speed
4 m/s (Sport mode)
Max Speed
20 m/s (Sport mode)
Max Service Ceiling Above Sea Level
19685 feet (6000 m)
Max Flight Time
Approx. 28 minutes
Operating Temperature
32° to 104° F (0° to 40° C)
GPS Mode
GPS / GLONASS
Hover Accuracy
Vertical:
+/- 0.1 m (when Vision Positioning is active) or +/-0.5 m
Horizontal:
+/- 0.3 m (when Vision Positioning is active) or +/-1.5 m
Diagonal Size (Excluding Propellers)
350 mm




Remote Control

Operating Frequency
2.400 GHz to 2.483 GHz
Max Transmission Distance
FCC Compliant: 3.1 mi ( 5 km );
CE Compliant: 2.2 mi ( 3.5 km )( Unobstructed, free of interference )
Operating Temperature
32° to 104° F ( 0° to 40° C )
Battery
6000 mAh LiPo 2S
Transmitter Power (EIRP)
  • FCC: 23 dBm
  • CE: 17 dBm
Operating Voltage
7.4V @ 1.2A



Camera

Sensor
1/2.3” Effective pixels:12 M
Lens
FOV 94° 20 mm (35 mm format equivalent) f/2.8, focus at ∞
ISO Range
  • 100-3200 (video)
  • 100-1600 (photo)
Shutter Speed
8s -1/8000s
Image Max Size
4000×3000
Still Photography Modes
Single shot
Burst shooting: 3 / 5 / 7 frames
Auto Exposure Bracketing ( AEB ): 3 / 5 bracketed frames at 0.7 EV Bias
Time-lapse
HDR
Video Recording Modes
UHD: 4096×2160 (4K) 24 / 25p
3840×2160 (4K) 24 / 25 / 30p
2704×1520 (2.7K) 24 / 25 / 30p
FHD: 1920×1080 24 / 25 / 30 / 48 / 50 / 60 / 120p
HD: 1280×720 24 / 25 / 30 / 48 / 50 / 60p
Max Video Bitrate
60 Mbps
Supported File Formats
FAT32 ( ≤ 32 GB ); exFAT ( > 32 GB )
Photo
JPEG, DNG ( RAW )
Video
MP4 / MOV ( MPEG – 4 AVC / H.264 )
Supported SD Card Types
Micro SD
Max capacity: 64 GB. Class 10 or UHS-1 rating required
Operating Temperature
32° to 104° F ( 0° to 40° C )
 

Spesifikasi DJI Phantom 4 Professional Quadcopter - GudangDrone
 DJI Phantom 4 Kit


       Dengan DJI Phantom 4 ini anda sudah tidak membutuhkan akesesoris lainnya sebenarnya, karena jika dilihat dari fiturnya DJI Phantom 4 sudah lebih dari sekedar cukup karena DJI Phantom 4 ini adalah drone untuk para Professional yang memang membutuhkan spesifikasi drone yang gahar demi menunjang pekerjaan sang pilot, atau hanya sekedar untuk hobby. Mulai dari GPS, Gyro, hingga ke FPV semua sudah ada dalam satu drone. DJI Phantom 4 sebagai penerus dari DJI Phantom 3 sepertinya telah sukses membuat para pilot jatuh hati karena keberadaannya saat ini.



       Jika anda hendak membeli DJI Phantom 4 ini, harga kisarannya sebesar 18 juta an. Tentunya harga ini masih kisaran yang artinya bisa diatas atau juga dibawah harga itu, Nah kira - kira begitulah ulasan kita hari ini mengenai Spesifikasi DJI Phantom 4 si professional drone yang menjadi generasi baru atau penerus dari drone DJI Phantom 3 yang juga di cap sebagai drone professional. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.