Cara Mencari Pokemon Menggunakan Drone itu "Curang"!

         Pokemon Go adalah sebuah permainan yang bisa dimainkan di dua platform smartphone yaitu di IOS dan di Android. Game ini memungkinkan anda sebagai pemain yang disebut trainer, berpetualang di seluruh dunia untuk mendapatkan berbagai jenis pokemon. Iya, game ini memang menghubungkan antara dunia game virtual dengan dunia nyata yang kita tempati selama ini. Anda tidak bisa hanya berdiam diri didalam rumah untuk mendapatkan pokemon yang pada awaal rilisnya jumlahnya mencapai ratusan jenis. Game ini pun juga mengusung teknologi AR atau Augmented Reality yang membuat pokemon seolah – olah berada benar didepan anda bila anda melihatnya dari smartphone yang sudah memiliki sensor gyroscope. Selain itu game ini juga memanfaatkan GPS yang tertanam di smartphone untuk mengetahui lokasi anda, sehingga anda benar – benar harus keluar rumah dan berjalan yang jauh untuk bisa mendapatkan pokemon yang jenisnya beda.



Cara Mencari Pokemon Menggunakan Drone - GudangDrone


         Ketika menangkap pokemon anda juga bisa untung – untungan, pokemon bisa saja tidak tertangkap dan kabur, atau malah sudah tertangkap namun kabur lagi, sehingga untuk menangkap pokemon memang memiliki sensasi tersendiri. Tapi ingat bermain game Pokemon Go ini juga harus tetap mengedepankan etika, dan kepentingan bersama serta harus peduli sekitar seperti notice yang disampaikan diawal ketika loading mau masuk kedalam game. Seperti ketika anda menerbangkan drone, anda harus cerdas memainkan game ini seperti anda harus cerdas dalam menerbangkan drone agar tidak ada orang yang dirugikan akibat perbuatan kita.




         Dan ternyata demam Pokemon Go yang melanda seluruh dunia ini juga malah dikolaborasikan dengan dunia drone. Bagaimana tidak? Ada seorang trainer Pokemon Go yang bisa dibilang Curang ketika bermain game Pokemon Go. Bagaimana bisa?



Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (13/7/2016), ada seorang user yang mengunggah 'peralatan perang' miliknya saat ia mau menangkap Pokemon di jejaring sosial Reddit.



Orang itu memiliki username “hyperion995”. Dan dia banyak mendapat komentar dari user lain yang juga seorang Trainer Pokemon Go karena cara menangkap pokemon yang dia terapkan dinilai Curang.



         Mengapa dinilai curang? Karena user bernama hyperion995 ini menggunakan drone untuk mencari Pokemon di sekitar rumahnya. Iya, dia menggunakan drone, dan drone yang digunakan olehnya adalah drone buatan DJI yang masuk kedalam seri DJI Phantom. Bila anda sudah membaca spesifikasi DJI Phantom baik yang DJI Phantom 2, 3, atau 4. Rata – rata jangkauan terbangnya bisa sampai Radius 2KM. Dan bila dalam beberapa ratus meter saja ia sudah bisa mendapatkan beberapa pokemon bayangkan berapa pokemon yang bisa ia tangkap dengan waktu yang singkat dan tidak mengeluarkan keringat? Tentu itu sangat berbanding terbalik dengan aturan seharusnya untuk memainkan game Pokemon Go ini dengan cara berjalan atau bersepeda supaya tubuh bisa bergerak dan secara tidak langsung anda melakukan olahraga yang bisa menyehatkan badan.


Salah satu pengguna sosmed Reddit juga berkata:
"Seharusnya ia bermain fair. Pokemon Go kan mengharuskan kita menangkap monster di mana kita mengeksplorasi tempat dengan berjalan kaki. Bukan dengan menggunakan drone!"

Namun disisi lain ada juga yang berasumsi lain dengan mengatakan:
"Kreatif atau curang? Saya pun kalau punya drone juga ingin seperti dia. Bisa dapat monster banyak lho dalam waktu satu hari,"


         Dalam postingan asli, Orang tersebut tidak menjelaskan bagaimana ia bisa menggunakan drone untuk menangkap pokemon, namun dari gambar yang ia upload, banyak user yang berasumsi bahwa pria ini memasang smartphone nya yang nanti dihubungkan dengan aplikasi bernama “AirDroid” sehingga layar di smartphone android anda bisa dikendalikan melalui PC melalui sambungan Wifi. AirDroid memang aplikasi yang memungkinkan anda bisa menghubungkan android anda ke PC sehingga anda bisa mengontrolnya melalui PC, bahkan anda juga bisa mengirim pesan, chating, dll di smartphone anda dan mengetik melalui keyboard PC di Android anda.


         Terlepas dari itu semua, baik yang berkata itu curang, atau itu justru praktis, namun dari Niantic inc selaku pengembang dari aplikasi ini pun juga sudah menyarankan agar para Trainer memainkan game ini dengan cara berjalan kaki. Walau begitu dengan bersepeda sebenarnya juga masih tergolong aman daripada mengendarai motor atau mobil yang jelas bisa mengganggu pengguna jalan lainnya. Karena sebaik – baik aplikasi, yang membuatnya menjadi terlihat jelek adalah dari usernya, bila terjadi suatu hal yang merugikan yang disalahkan gamenya, padahal itu jelas karena perbuatan sang trainer, sama seperti drone, game Pokemon Go hanya sebuah media, ketika anda menerbangkan drone dan ternyata merugikan orang lain, maka orang akan berasumsi drone itu buruk, merugikan, dsb. Padahal jelas itu adalah asumsi yang salah.



         Nah, bagaimana kesimpulannya? Apakah anda yang seorang Trainer Pokemon Go masih mau mencoba – coba atau mencari cara lain untuk mencari pokemon dengan cara lainnya? Tapi mungkin jika untuk drone yang hanya memiliki radius kurang lebih 200 meter sepertinya bagus juga, karena selain anda bisa terbang 200 meter bila ingin lebih jauh lagi maka anda mau tidak mau juga harus berjalan mengikuti drone anda yang terbang, karena bila tidak nanti drone anda akan kehilangan sinyal dan nyungsep entah kemana.