Spesifikasi Drone JJRC H6C - si Mini Drone Berkamera


        Sedang mencari drone yang ukurannya kecil dan cocok digunakan untuk berbagai keadaan seperti untuk latihan terbang, untuk ber atraksi diudara, dan juga untuk mengambil gambar dari udara. Mungkin sudah banyak drone jenis seperti itu namun memiliki ukuran yang cenderung besar sehingga akan sedikit repot untuk dibawa kemana – mana. Mungkin dari masalah itu, JJRC menjadi tertarik untuk mengeluarkan sebuah drone yang bisa dibilang cocok untuk semua. Bagaimana bisa? Ya karena drone buatan JJRC yang satu ini memiliki kelebihan di ukurannya yang kecil, serta untuk latihan juga bagus dan yang terakhir memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dari udara menggunakan kamera bawaannya. Lantas seperti apa sebenarnya drone yang dimaksud itu? Mari kita simak.

Spesifikasi Drone JJRC H6C - GudangDrone
Spesifikasi Drone JJRC H6C 


        Drone itu memiliki nama JJRC H6C. nah, bila dilihat sekilas Drone JJRC H6C ini memang tidak memiliki perbedaan mencolok dari mini drone lain, apalagi Hubsan X4. Terlihat bodynya hampir mirip dengannya. Drone ini memiliki empat buah lengan yang masing – masing memegangi sebuah motor untuk dapat menggerakan propeller sehingga Drone JJRC H6C ini bisa terbang, itu membuat Drone JJRC H6C ini termasuk juga ke dalam jenis Quad-Copter. Degan ukurannya yang kecil ini sebenarnya membuatnya memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Namun kita lihat di sisi kelebihannya saja, walau kecil, namun Drone JJRC H6C ini sudah dilengkapi juga dengan 6 axis gyro, sehingga untuk kemampuan terbangnya drone ini sudah bisa dibilang bisa diandalkan karena kestabilannya. Drone ini juga dilengkapi dengan sebuah fitur yang bisa anda lakukan untuk beratraksi diudara seperti roll-over 360 derajat.



        Untuk pengamannya, Drone JJRC H6C ini juga dilengkapi dengan propeller protector yang bisa anda pasang sebagai pelidung baling – baling. Ini sangat disarankan untuk anda yang masih dalam tahap training menerbangkan drone. Protector ini pun memiliki desain yang lain daripada yang lain, disaat drone lain hanya memiliki protector untuk melindungi benturan dari sisi samping saja, namun di Drone JJRC H6C ini, memiliki protector yang bisa melindungi propeller dari benturan segala arah baik dari atas, bawah, kiri ataupun kanan. Sehingga ada satu kelebihan lagi, ketika anda memainkannya didalam ruangan, walau anda terlalu memberi tenaga Drone JJRC H6C ini sehingga terbang membentur atap, maka drone hanya terpental dari atap namun masih dalam keadaan terbang dan tidak ada yang rusak. Maka dari itu, Drone JJRC H6C ini juga sangat baik bila dimainkan didalam ruangan atau indoor. Namun juga tidak kalah bagus untuk dimainkan diluar ruangan atau outdoor.



        Drone JJRC H6C ini dilengkapi dengan baterai jenis Li-Po sebagai sumber tenaga utamanya. Dari JJRC, drone ini diberi baterai bertegangan 3.7 Volt dan memiliki kapasitas sebesar 350 mAh. Kapasitas sebesar ini nyatanya bisa untuk membuat drone bisa terbang sekaligus di unit kameranya bisa mengambil gambar. Dengan kata lain baterai ini untuk mendayai unit drone dan kamera. Untuk waktu terbangnya, anda bisa menerbangkan Drone JJRC H6C ini selama kira – kira 5 – 7 menit. Dan ketika baterainya sudah mulai habis, anda bisa melakukan proses pengisian ulang, menggunakan kabel USB bawaan dari JJRC yang anda hubungkan ke USB Charger seperti layaknya me recharge smartphone. Atau, anda juga bisa me rechargenya dengan cara menghubungkan kabel USB bawaan ke USB port pada komputer atau laptop. Bahkan bila mau yang lebih praktis lagi, anda juga bisa me recharge menggunakan powerbank, ini bisa anda lakukan ketika anda sedang bepergian sehingga lebih praktis.

Spesifikasi Drone JJRC H6C - GudangDrone
Remote Drone JJRC H6C 


        Untuk unit kendalinya, Drone JJRC H6C ini sudah memakai remote 4CH dengan memanfaatkan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk transmisi datanya. Dengan remote ini, anda selain bisa menggunakan tombol – tombol dasar untuk terbang, anda juga bisa melakukan fungsi lain, seperti roll-over 360 derajat, mengganti speed, mengambil gambar, merekam video dan lain – lain. Untuk jangkauan remote dari drone Drone JJRC H6C ini adalah sejauh 80 – 100 meter. Remote Drone JJRC H6C ini juga dilengkapi dengan LCD monocrome yang terpasang dibagian atas remote. Melalui LCD kecil ini, anda bisa mengetahui satus drone seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterai, dan lain – lain. Sehingga melalui LCD kecil ini anda bisa mengetahui kondisi drone dan settingannya secara realtime. Untuk sumber tenaganya, remote ini membutuhkan baterai tipe AA sebanyak 4 buah. Baterai jenis ini juga mudah ditemui di toko – toko terdekat.



        Lanjut ke bagian yang disukai oleh banyak pilot, yaitu bagian kamera. Drone JJRC H6C ini juga memiliki kamera yang terpasang secara built ini di mainboardnya. Sehingga yang terlihat dari body hanya bagian lensanya saja. Nah, untuk resolusi kameranya sendiri JJRC memberi drone ini kamera yang memiliki resolusi sebesar 2 MP. Dengan resolusi yang sudah sebesar itu, hasil gambar dari drone tentu akan lebih bagus daripada drone sekelas yang hanya memiliki kamera ber resolusi 0.3 MP.  Dengan kamera ini, anda sudah bisa melakukan fungsi dasar kamera seperti mengambil gambar, ataupun merekam video, sehingga anda bisa mengabadikan momen dari udara memakai mini drone ini.

Spesifikasi Drone JJRC H6C - GudangDrone
Protector + LED Drone JJRC H6C 


        Sebagai pemanis, Drone JJRC H6C ini juga memiliki lampu LED yang bisa menyala. LED ini sebenarnya berfungsi sebagai indikator bahwa Drone dalam keadaan On, namun fungsi penting lainnya adalah sebagai pemberi indikator dengan kedipan seperti ketika anda pairing remote dengan drone misalnya. Nah, namun selain itu semua LED ini juga nampak sebagai hiasan yang cukup bagus, apalagi bila diterbangkan ketika malam hari, sehingga cahaya LED yang dipancarkan bisa menarik perhatian orang untuk menontonnya.



Spesifikasi tambahan:
Brand Name: JJRC
Item Name: H6C RC Quadcopter with Camera
Color: Blue/Red Optional
Frequency: 2.4G 4CH
Flight Time: 5-7 min
Control Distance: About 80-100M
Charging Time: About 50min
Battery for Quadcopter: 3.7V 350mAh lipo
Battery Dimensions: 38 x 20 x 6mm
Battery for Transmitter: 4 x AA Battery(not included)
Camera: 2MP
Item Dimensions: 132 x 132 x 25mm
Item Weight: 40.2g

Spesifikasi Drone JJRC H6C - GudangDrone
Drone JJRC H6C Kit


Tiap pembelian akan mendapat:
1 x JJRC H6C quadcopter
1 x 2.4G Transmitter
1 x 3.7V 350mAh Lipo Battery
4 x Spare Propeller
1 x USB charger cable
1 x Blade Changer
1 x 2GB Memory Card
1 x Card Reader
1 x English user manual


        Meskipun pihak JJRC tidak menyebutkan bahwa Drone JJRC H6C ini cocok untuk pemula, namun bila dilihat dari fiturnya yang memiliki protector segala arah tadi membuat drone ini sebenarnya juga cocok untuk pemula sekalipun, sehingga dalam proses belajar terbang bisa aman karena keempat propeller terlindungi oleh protector yang akan melindungi dari setiap benturan dari segala arah.

Spesifikasi Drone JJRC H6C - GudangDrone
Drone JJRC H6C 



        Oke, begitulah ulasan kita mengenai Drone JJRC H6C si mini drone yang sudah dilengkapi dengan kamera 2MP. Bagi anda yang tertarik untuk membeli mini Drone JJRC H6C ini, harga di pasaran ada di sekitar Rp. 580.000,- dengan catatan harga bisa berubah sewaktu – waktu. Mungkin drone dibawah satu juta ini bisa menjadi salah satu refrensi bagi anda yang hendak membeli mini drone berkamera.