Spesifikasi Cheerson CX-10W - Super Mini FPV QuadCopter

          Memiliki drone yang super praktis, dengan ukuran yang kecil, mudah dibawa, dan memiliki kamera yang bisa digunakan untuk mengambil gambar adalah keinginan beberapa pilot. Sebenarnya sudah banyak drone kecil yang sudah bisa melakukan pengambilan gambar. Namun sedikit drone yang sudah bisa melakukannya bersamaan dengan fitur FPV. Jangan mengira drone super kecil tidak bisa melakukan FPV, karena sebenarnya sudah ada drone yang memiliki kemampuan tersebut. Dan dikesempatan kali ini, kita akan membahas drone yang memiliki kemampuan itu. Bisa dilihat di judul, drone yang akan coba kita ulas kali ini adalah salah satu drone buatan Cheerson. Nah, bagaimana bentuk, kemampuan dan spesifikasi serta harga drone tersebut?


Spesifikasi Cheerson CX-10W - GudangDrone


           Drone ini memiliki seri CX-10W. Nama lengkapnya adalah Cheerson CX-10W.  Drone ini masih satu keluarga dengan CX-10C dan CX-10. Drone ini masih memiliki bentuk seperti huruf X kecil, dengan lengan yang juga pendek masing – masing membawa sebuah motor kecil yang nantinya akan memutar bagian propeller mungilnya sehingga Drone Cheerson CX-10W ini bisa terbang. Drone yang ukurannya kira – kira hanya 10 x 10 cm ini memang tidak dilengkapi dengan blade protector ketika pembelian, namun sebenarnya bagi anda yang masih belajar menerbangkan drone, anda bisa membeli protectornya secara terpisah, walau blade protectornya tidak official namun juga tidak ada salahnya dipasang karena bisa melindungi propeller anda dar benturan – benturan yang tidak terduga.



          Walaupun kecil seperti ini, Drone Cheerson CX-10W juga memiliki berbagai fitur bawaan yang tentu bisa anda gunakan ketika terbang diudara. seperti
-          You can control your drone with wifi connection to your phone (iOS or Android), your phone will receive real-time transmission from the camera on the drone! Take photoes and videos are extremely easy with one click on your screen, without extra memory card.
-          Equipped with 3 speed modes, low, medium and fast. This allows you to fly, for instance, in a small spaces with low speed and maximum control or in more spacious areas with a very fast speed.
-          6-axis gyro system with built-in gyroscope, it provides extra stability, easily implement various flight movements, easier to control and stronger wind resistance.
-          Easy to Maneuver: Up/Down, Left/Right, Forward/Backward, Left/Right Sideward Flying, Hover, 3D 360 Eversion, Support Flying Speed Control and Hand Launch, Low Battery Warning for the Transmitter.
-          Miniature with Colorful LED: the bright LED works beautifully for night flying while the size makes it perfect for small spaces.

Spesifikasi Cheerson CX-10W - GudangDrone


          Dari informasi diatas kita bisa mengetahui bahwa Drone Cheerson CX-10W bisa dikendalikan dengan smartphone anda, sehingga anda tidak membutuhkan remote analog lagi. Semuanya dalam satu jalur kendali melalui Wifi yang sudah tertanam di mainboard mungil Drone Cheerson CX-10W. Maka dari itu di tiap pembelian, anda tidak akan mendapatkan unit remote analog lagi, jadi jangan sampai kaget karena tidak mendapatkan remote, karena Drone Cheerson CX-10W ini memang dikendalikan melalui smartphone anda. Dengan menginstall aplikasi dari cheerson, anda sudah bisa membuat smartphone anda menjadi remote Drone Cheerson CX-10W  dengan berbagai tombol untuk mengaktifkan berbagai fungsi bawaan dalam drone yang sekecil ini. Sedangkan jaraknya bisa mengendalikan Drone Cheerson CX-10W hingga dalam radius sejauh 20 meter melalui koneksi Wifi ini, untuk kemampuan terbangnya anda tidak perlu khawatir karena Drone Cheerson CX-10W juga sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang akan membuat drone bisa terbang secara stabil.



          Sedangkan untuk sumber tenaganya, Drone Cheerson CX-10W ini menggunakan baterai jenis Li-Po yang ukurannya juga kecil tentunya. Cheerson memberi Drone Cheerson CX-10W baterai yang memiliki kapasitas sebesar 150 mAh saja. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Drone Cheerson CX-10W ini hingga dalam waktu selama kira – kira 5 menit. Dan karena baterainya memiliki tegangan yang rendah yaitu 3.7 Volt, anda bisa me rechargenya menggunakan USB Charger, selain itu ada juga cara alternatif mengisi ulang baterai dengan cara menghubungkan drone ke kabel USB bawaan, lalu anda hubungkan ke USB Port pada Laptop atau Komputer. Bahkan ketika sangat darurat, anda juga bisa merechargenya menggunakan powerbank, yang tentunya sangat praktis lagi. Nah, untuk lama waktu pengisiannya yaitu kira – kira selama 25 menit saja.


Spesifikasi Cheerson CX-10W - GudangDrone


          Drone Cheerson CX-10W memiliki kamera bawaan dari Cheerson yang membuat drone ini menjadi sangat populer karena kecil – kecil bisa FPV. Memang drone ini bisa langsung digunakan untuk FPV setelah anda menghubungkan unit drone ke smartphone android atau IOS anda. Dengan kamera ini, anda tentu tidak hanya bisa FPV an saja, namun anda juga bisa mengambil gambar dari kamera ini, baik dalam bentuk foto ataupun video, semua bisa anda lakukan dengan menekan tombol yang ada di interface smartphone anda, hasilnya akan langsung masuk tersimpan kedalam memory Smartphone anda sehingga anda tidak perlu memasang memory sendiri di unit drone.



          Ditambah sebuah hiasan yang membuat Drone Cheerson CX-10W menjadi semakin lengkap yakni LED yang bisa menyala dengan indahnya. LED ini berfungsi sebagai indikator bahwa drone dalam keadaan On, selain itu LED juga menjadi media untuk berkomunikasi antara drone dengan pilot dengan sandi berupa kedipan LED, arti dari tiap kedipan semua juga sudah ada di manual book sehingga anda pasti bisa mempelajarinya dengan cepat.

Spesifikasi Cheerson CX-10W - GudangDrone

Untuk tiap pembelian Drone Cheerson CX-10W, anda tidak akan mendapatkan banyak hal, karena drone ini simpel tidak perlu banyak hal untuk bisa terbang,
Package Included:
1 x CX-10W Quadcopter
1 x USB charging cable
4 x Spare Blades
1 x User Manual



          Oke, sedikit kesimpulan untuk Drone Cheerson CX-10W ini sepertinya bagi anda yang suka dengan kepraktisan, anda bisa membeli drone ini, karena memang sungguh praktis, anda tidak perlu lagi membawa unit drone dan remote, namun hanya unit dronenya saja, karena remotenya sudah bisa dengan smartphone anda. Dan drone ini juga bisa direkomendasikan bagi anda yang menyukai mini atau micro drone yang sudah bisa melakukan fitur FPV, karena memang drone ini sudah bisa melakukan fitur FPV, bahkan lebih dari itu, coba lihat diatas di bagian interface kendali drone ini, ada begitu banyak fungsi yang bisa anda gunakan melebihi drone sekelas lainnya.


Spesifikasi Cheerson CX-10W - GudangDrone



          Dan tentu walau Drone Cheerson CX-10W ini memiliki ukuran yang kecil bukan tidak mungkin anda juga ingin memilikinya. Dan bila anda hendak membeli drone ini, anda harus siapkan uang yang tidak terlalu mahal, yakni hanya berkisar di Rp. 500.000 saja. Drone kecil bisa FPV tanpa remote analog ini juga masuk kedalam jenis drone dibawah satu juta. Nah, sekiranya itulah ulasan kita kali ini mengenai Drone Cheerson CX-10W si Drone super mungil FPV ready dan keren.