Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi

GudangDrone - Xiaomi yang selama ini memulai peruntungannya di indonesia dengan menjual produk smartphone, kini sudah merambah dengan menjual berbagai produk lain, bukan hanya powerbank, namun juga aksesori kamera seperti Action Cam, dan juga bahkan drone. Untuk pembahasan mengenai drone buatan xiaomi kami sudah membuat postingannya sendiri sebelumnya, dan karena dari pengamatan kami ternyata banyak pilot drone yang juga menggunakan Action Cam buatan Xiaomi yang dinamai Action Cam Xiaomi Yi untuk menjadi kamera drone, maka kali ini kami akan mencoba mengulas seperti apa Action Cam Xiaomi Yi itu bila dilihat dari spesifikasinya. Walau dengan banyaknya pilot yang memakai Action Cam Xiaomi Yi ini menandakan kamera ini bagus, namun kita juga harus mengetahui bagaimana jeroan dan kemampuan dari kamera ini supaya kita tidak hanya sekedar tau, namun benar – benar tau.

Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi - GudangDrone
spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi


Xiaomi awalnya mungkin tidak mengira bahwa action cam mereka juga akan laris dikalangan para pilot drone. Karena xiaomi dulu hanya menargetkan Action Cam Xiaomi Yi untuk pemilik smartphone Xiaomi, agar bisa mendapatkan gambar terbaik menggunakan action cam yang lebih tahan banting dibandingkan smartphone, tentu bila action cam nya diberi waterproof case yang kuat. Selain itu dengan adanya fitur koneksi wifi, pengguna jadi bisa mengambil foto direct dari smartphone dan menggunakan Action Cam Xiaomi Yi hanya untuk media mengambil gambar, karnena gambar langsung akan tersimpan kedalam smartphone.



Nah, untuk ukuran Action Cam Xiaomi Yi ini, dia memiliki dimensi yang bisa dibilang mirip dengan Go Pro, bisa dibilang juga ukurannya standar, memiliki panjang 6 cm lebar 2 cm dan tinggi 4 cm. bila dilihat dari luar, interface dari Action Cam Xiaomi Yi juga simpel, di bagian depan ada tombol power yang multifungsi, dengan lensa utama di sampingnya, dan dibagian belakang terdapat port mini HDMI dan microUSB serta tempat untuk baterai. Disini yang menjadi cirikhas Action Cam Xiaomi Yi adalah di sekeliling tombol power akan menyala LED yang bisa menyala sesuai keadaan kamera, seperti bila berwarna biru itu pertanda bahwa baterai dalam keadaan full, lalu bila berwarna ungu berarti baterainya tinggal setengah, dan bila berwarna merah itu artinya baterainya sudah low.



Untuk anda yang ingin mengetahui spesifikasi dalam bentuk tabel, dibawah ini anda bisa melihat tabel spesifikasi dari Action Cam Xiaomi Yi.



Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi - GudangDrone


Action Cam Xiaomi Yi ini memiliki sensor bawaan yang ukurannya cukup besar yaitu 16MP. Sensor ini pun adalah sensor buatan Sony, jadi kualitas gambar yang didapatkan tidak mengecewakan, secara Sony sudah cukup berpengalaman dalam urusan fotografi. Bila untuk sekedar mengambil gambar, anda tidak akan dikecewakan dengan lensa 16MP buatan sony tersebut, bahkan bila anda gunakan untuk merekam video, anda bisa mendapatkan video maksimal berukuran 1080p dengan frame rate yang bisa dipilih mulai dari 60fps, hingga tang terkecil 24fps. Selain itu tentu anda juga bisa menggunakan resolusi video yang lebih kecil yaitu 960p dengan framerate 60 – 48fps, 720p dengan 120 – 48fps, dan ukuran video paling kecil 480p dengan 240fps.



Action Cam Xiaomi Yi juga memiliki beberapa fitur dan fungsi yang bisa anda gunakan sembari mengambil gambar, misalnya ada timer yang bisa anda setting sebelum mengambil gambar, lalu ada fungsi time lapse yang beragam, mulai dari 0.5 second hingga 60 second. Bukan Cuma itu saja, Action Cam Xiaomi Yi juga memiliki fungsi brust yang bisa mengambil banyak gambar sekaligus seperti 3 – 7 gambar per detik.



Bukan hanya bisa digunakan secara manual, Action Cam Xiaomi Yi juga bisa anda gunakan menggunakan remote, remote disini berupa remote bluetooth, tentunya dengan menghubungkan remote dengan Action Cam Xiaomi Yi nya. Selain itu yang lebih sering digunakan adalah dengan menggunakan koneksi wifi, dengan menghubungkan Action Cam Xiaomi Yi dengan smartphone menggunakan wifi, anda bisa langsung mengambil gambar dengan menekan tombol shutter di smartphone, dan gambar akan otomatis tersimpan kedalam memori smartphone, sehingga Action Cam Xiaomi Yi ini bisa anda letakkan jauh lebih dari 10 meter dari jarak kendali anda. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa didownload di playstore, dan minimum android anda setidaknya android 4.1 atau ICS.


Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi - GudangDrone
Baterai dan port Action Cam Xiaomi Yi

Untuk baterainya, Action Cam Xiaomi Yi memiliki baterai yang kapasitasnya juga tidak jauh beda dengan action cam kelas atas, Action Cam Xiaomi Yi memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 1010mAh. Dengan baterai ini anda sudah bisa menggunakan Action Cam Xiaomi Yi dalam waktu yang cukup lama, terlebih dengan bantuan indikator baterai yang berada didepan kamera membuat anda bisa mengetahui kapasitas baterai saat ini meski tidak ada LCD di kameranya.  Yap, bicara soal LCD, Action Cam Xiaomi Yi ini memang tidak memiliki LCD di bagian belakangnya, namun jangan khawatir, karena anda bisa membeli LCD untuk Action Cam Xiaomi Yi secara terpisah, nanti tinggal di hubungkan saja melalui jumper port di belakang kamera.

 
Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi - GudangDrone
LCD Action Cam Xiaomi Yi

Nah, selain itu, sebenarnya Action Cam Xiaomi Yi ini belum ready untuk bawah air, karena dari xiaomi juga tidak menyertakan waterproof case ketika pembelian, namun saat ini, para penjual khususnya di indonesia sudah menyertakan kelengkapan kamera yang lebih lengkap daripada kelengkapan officialnya, entah darimana kelengkapan itu berasal namun ini menjadi lebih memudahkan konsumen karena konsumen akan mendapatkan kelengkapan Action Cam Xiaomi Yi sehingga sudah ready untuk bawah air.


Action Cam Xiaomi Yi Kit

Xiaomi pada dasarnya hanya memberikan kelengkapan ini ketika anda membeli Action Cam Xiaomi Yi:
- Xiaomi Yi Camera
- USB Cable
- Monopod Attanta SMP-08
- Silicon Softcase
- Manual Book



Sekarang coba lihat para penjual action cam di olshop terpercaya, mayoritas mereka memberikan kelengkapan lebih dari itu, walau harganya juga jadi naik.



Kesimpulan yang kami ambil dari Action Cam Xiaomi Yi, adalah dia memang Action Cam yang cukup bagus untuk dipasang di drone, asalkan anda bisa memasangnya dengan baik dan benar, sehingga unit kamera bisa terpasang baik tidak goyah apalagi jatuh. Dengan kemampuan merekam video 1080p bukankah anda bisa mendapatkan video Full HD dengan kamera ini? Terlebih dia menggunakan sensor buatan sony yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

 
Spesifikasi Action Cam Xiaomi Yi - GudangDrone
Action Cam Xiaomi Yi tampak sisi


Nah, begitulah kira – kira ulasan kita hari ini mengenai Action Cam Xiaomi Yi yang ternyata juga banyak digunakan oleh para pilot drone sebagai kamera yang dipasang pada drone mereka. Dan bila anda tertarik untuk membeli Action Cam Xiaomi Yi ini, harganya juga bisa dibilang murah bila spesifikasi dan kemampuannya benar – benar seperti yang dipaparkan oleh xiaomi. Anda hanya membutuhkan uang kurang lebih Rp. 1.000.000,- atau satu juta rupiah saja untuk mendapatkan action cam ini, tentu harga tersebut masih kisaran yang artinya harga bisa diatas atau dibawahnya. Apa anda tertarik membeli Action cam ini?