Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang fotografi dengan memproduksi unit kamera, Brica yang sudah sangat berpengalaman dalam bidangnya juga tidak mau kalah dengan produsen – produsen lain yang sudah maju menjual berbagai produk baru seperti action cam. Apa lagi jika bukan B-Pro , Yap, B-Pro adalah action cam buatan Brica. Sebenarnya Brica juga memiliki beberapa jenis Action Cam, namun di kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana kemampuan dari kamera B-Pro yang memiliki nama seri Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition bila dari sisi spesifikasinya. Juga nanti pada akhirnya kita akan mencoba menyimpulkan apakah Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini cocok dijadikan kamera untuk drone atau tidak, maka dari itu mari simak ulasan kita kali ini.


Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition - GudangDrone
Spesifikasi B-Pro 5 Alpha Edition


Bila dilihat sekilas dari sisi bodynya, Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition tidak memiliki perbedaan berarti dengan action cam merk lain, di bagian depan terdapat lensa utama dan juga satu tombol, sedangkan dibagian belakang terdapat LCD kecil yang bisa digunakan untuk melihat hasil jepretan, atau melakukan berbagai setting bila anda menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition manual tidak disambungkan ke smartphone anda. Ukurannya yang memiliki dimensi 59 x 37 x 25 mm membuatnya semakin terlihat kecil namun memiliki fungsi yang bisa diandalkan. Anda bisa menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition untuk berbagai keperluan, mulai dari mengabadikan momen anda di olahraga ekstrim, untuk sekedar selfie – selfie, bisa juga diletakkan di dashboard mobil, lalu menjadi SpyCam, dan juga tentu saja untuk kamera drone juga bisa.

 
Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition - GudangDrone
LCD B-Pro 5 Alpha Edition

Sebagai Action Cam yang cukup bagus, tentu Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition tidak hanya bisa anda gunakan untuk sekedar jepret foto saja, namun anda bisa juga menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini untuk merekam video. Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition juga memiliki beberapa fitur yang bisa anda gunakan untuk menunjang pengambilan gambar anda, misalnya ada mode blackbox, lalu ada fitur Wifi Live Stream, disini anda bisa gunakan fitur ini untuk FPV di drone. Bisa juga Playback Via Live Streaming. Dan tentu fungsi FPV itu adalah fungsi dalam drone yang sangat digemari oleh banyak pilot, dan dengan menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini, Drone anda yang tidak memiliki fitur FPV bisa jadi melakukan FPV dengan sambungan langsung dari kamera dan smartphone melalui koneksi Wifi. Dan berdasarkan informasi yang kami dapat dari situs B-Pro, jarak jangkauan Wifinya bisa sampai 30 meter.



Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition memiliki sensor kamera sebesar 5MP dengan CMOS Sensor, namun jangan salah sangka dulu, karena dengan sensor sebesar itu, anda bisa mengambil gambar dengan resolusi hingga 8 MP. Belum lagi bila anda gunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini untuk merekam video, anda bisa mendapatkan resolusi atau ukuran video Full HD 1090p. selain itu bila anda rasa ukurannya terlalu besar dan memakan lebih banyak memory, anda bisa memilih ukuran video yang lebih kecil yaitu HD 720p , tentu dengan memilih ukuran video yang lebih kecil, hasil file videonya juga memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga tidak terlalu memakan memory anda. Dan untuk formatnya, anda kan mendapatkan format .JPG untuk file gambar, dan .MOV untuk file Video.

 
Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition - GudangDrone
Baterai B-Pro 5 Alpha Edition

Di bagian sumber tenaganya, Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition menggunakan baterai baterai jenis Li-Ion bertegangan 3.7V, itu tandanya anda bisa merecharge kamera ini menggunakan USB Charger. Kamera ini memiliki baterai berkapasitas 1000 mAh. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini untuk merekam video hingga selama 2 jam, namun bila untuk merekam video sekaligus streaming kurang lebih bertahan selama 90 menit atau 1.5 jam. Dan untuk media penyimpanannya, anda bisa menggunakan Micro SD maksimal 32GB.



Untuk underwater, anda bisa menggunakan waterproof case bawaan dari Brica, anda bisa menggunakan Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini dibawah air hingga kedalaman 20 meter dibawah air. Dan karena action cam ini memiliki bobot yang ringan serta terdapat rongga udara juga di waterproof case bahkan sampai – sampai kamera ini bisa mengambang bila di letakkan diatas air. Sehingga bila anda melepaskan pegangan kamera anda ketika menyelam atau snorkeling, anda tidak harus susah – susah mencari action cam anda yang tenggelam ke dasar air, karena Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition akan mengambang di permukaan air, sehingga mudah ditemukan.



Dan bagi anda yang hendak melihat tabel spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition, kami memiliki tabel spesifikasinya yang bisa anda lihat dibawah ini:


Tabel Spesifiaksi B-Pro 5 Alpha Edition
CAMERA SENSOR 5.0 megapixels CMOS sensor

VIDEO RESOLUTION Full HD (1920x1080)
HD (1280x720)

PHOTO RESOLUTION 8.0 Megapixels
5.0 Megapixels

FILE FORMAT Movie : MOV
Photo : JPEG

LCD DISPLAY 1" Monochrome

OPTICAL ZOOM N/A

DIGITAL ZOOM N/A

LENS Fixed Focus Wide Angle LENS (120°)

APERTURE F/3.1 , f=9.3mm

FOCUS RANGE Normal: 1.5m~∞

BATTERY Li-Ion 1000mAh

BATTERY LIFETIME +/- 180 mins on normal operation
+/- 90 mins on Live Stream + Normal operation

INTERNAL MEMORY N/A

EXTERNAL MEMORY Support micro SDHC class 4 or above up to 32GB

LIGHT ASSIST N/A

MODES Video Recording
Capture Mode
Blackbox
WiFi Live Stream
Playback via Live Stream


WiFi 801.1 b/g/n up to 30m range

DIMENSIONS 59 x 37 x 25 mm

WEIGHT 46g (With Battery & no SD Card)

ACCESSORY Power Charger
USB Cable
Helmet Mount
Bike Mount
Car Mount
Waterproof Case (up to 20m)
Quick Guide









Untuk aksesori officialnya, Brica hanya menyediakan aksesori seperti Power Charger USB Cable, Helmet Mount, Bike Mount, Car Mount, Waterproof Case. Bila dilihat memang tidak terlalu lengkap, namun jangan khawatir, karena bila anda lihat di online shop sekarang banyak sekali penjual yang sudah memberi paket harga dimana bila anda membeli Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition anda akan mendapatkan banyak sekali aksesori pendukung layaknya membeli action cam professional dengan aksesori super lengkap, bahkan ada penjual yang memberikan kelengkapan seperti dibawah ini

Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition - GudangDrone


1 x B-PRO5 Alpha Edition unit
1 x Waterproof casing
1 x Handlebar mount
3 x Pivot arms
2 x Quick release mountings
1 x Tripod mount
2 x Adhesive base mounts
1 x Charger unit
1 x 1050mAh Li-Ion battery
1 x Casing skeleton backdoor
2 x Strap
2 x Velcro Strap
1 x USB cable
1 x Manual Book
4 x Cable Ties
1 x Metal Wire
2 x Extra Adhesive
1 x Soft Cloth
1 x 3pcs B-PRO5 Alpha Sticker
1 x Manual Book
1 x 1 Year Warranty card
1 x Tongsis Attanta SMP-07 (Random Color)
1 x Action Cam Medium Size Bag
1 x Micro SD Sandisk 16Gb Class 10
1 x Extra Spare Battery 900mAh
1 x Dual Charger


Memang harga yang dipasang menjadi agak mahal, namun bila anda memang membutuhkan aksesori yang cukup beragam, itu akan memudahkan anda ketika membeli Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition. Bila tidak, tentu anda bisa membeli Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition dari penjual lain yang lebih murah karena kelengkapannya tidak sebanyak list diatas.

 
Spesifikasi Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition - GudangDrone
Spesifikasi B-Pro 5 Alpha Edition

Dan kesimpulan yang bisa kami buat, mungkin Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition ini bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin bermain FPV di drone anda, namun drone anda tidak bisa melakukan FPV dengan kamera bawaan, namun ingat, dengan sinyal yang bagus pun kamera ini hanya bisa live Streaming video sejauh maksimal 30 meter saja.




Begitulah ulasan kita mengenai Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition, ternyata memiliki kemampuan yang sudah bagus, dan tentu bisa dijadikan kamera untuk drone anda. Dan untuk harganya, untuk Action Cam B-Pro 5 Alpha Edition dengan aksesori tambahan non official, harga kisarannya sebesar Rp. 1.250.000,- dengan kamera ini saja mungkin anda sudah bisa puas dengan hasilnya yang sudah sanggup mengambil video di resolusi 1080p. jadi apakah anda tertarik untuk membeli Action Cam ini?