Spesifikasi Drone HT F803C

         Ada begitu banyak jenis drone yang cocok untuk pemula. Drone yang digunakan untuk tujuan latihan terbang, baik dari merk apa dan tipe apa, mungkin bila dijelaskan satu persatu anda akan merasa semakin bingung karena terlalu banyak pilihan antara drone satu dan yang lainnya. Terlebih, kebanyakan juga memiliki kemampuan yang relatif sama yaitu bisa terbang dengan stabil dan mungkin diberi tambahan berupa unit kamera untuk mengambil gambar. Nah berhubung ada satu lagi drone yang dinilai cocok untuk pemula yang hendak belajar menerbangkan drone, kali ini kita akan coba bahas satu lagi drone buatan HT atau Hong Tai yang juga sudah dilengkapi dengan unit kamera yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen belajar terbang anda.


 
Spesifikasi Drone HT F803C - GudangDrone
Review Drone HT F803C

         Drone ini memiliki nama seri HT F803C. Drone ini tergolong kedalam mini drone karena ukurannya kecil, yakni hanya sekitar 13 x 13 cm saja. Namun ukurannya yang kecil ini justru bisa berdampak baik bagi anda yang hendak menjadikan drone ini sebagai drone latihan. Drone HT F803C ini memiliki bentuk badan seperti huruf X dengan keempat lengan mungilnya yang masing – masing memegangi sebuah motor untuk memutar bagian propeller sehingga drone ini bisa terbang. Drone HT F803C juga dilengkapi dengan blade protector yang bisa anda pasang di tiap ujung lengannya sehingga anda bisa berlatih menerbangkan drone tanpa rasa khawatir bila akan merusak drone apabila terjadi benturan dengan benda keras seperti dinding misalnya.



         Bila kecelakaan seperti itu tetap saja terjadi, maka blade protector yang memiliki sifat lentur akan mementalkan drone ke arah sebaliknya, sehingga walau habis tabrakan dengan dinding, drone masih bisa berfungsi dengan normal dan masih tetap bisa terbang. Drone HT F803C ini sebenarnya juga memiliki kaki yang digunakannya untuk berdiri diatas lantai, hanya saja kakinya ini memiliki ukuran yang pendek dan terkesan menyatu dengan lengannya. Kaki yang pendek ini tentu tidak menjadi masalah karena drone ini tidak membawa apapun dibagian bawahnya sehingga bila anda mendarat secara kasarpun tidak ada bagian yang rawan untuk rusak. Namun tetap sebisa mungkin lakukan take-off dan landing dengan halus agar drone bisa awet.



         Drone HT F803C juga sudah dilengkapi dengan 6 axis gyro yang membuatnya bisa terbang dengan stabil. Ini tentu membuat anda yang masih pemula pun bisa lebih mudah untuk menerbangkannya walau masih pertama kali. Dan dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan seperti headless mode, dan 360 rollover pun juga sudah ada di Drone HT F803C ini. Dengan drone ini pada dasarnya anda bisa berlatih menerbangkan drone secara baik dan benar sebelum nanti anda menerbangkan drone lain yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dan fitur – fitur yang lebih kompleks. Karena semua itu butuh latihan dan untuk latihan anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli drone yang fiturnya banyak.



Spesifikasi tambahan:
Model: F803C
Transmitter: Mode 2
Color: Blue/Green/Golden optional
Channel: 4 Channels
Function: Taking pictures,video,Forward, Backward, Up, Down, Left/Right Rotation, Left/Right Traverse, 360ยบ Roll-over,Throwing,Headless Fly
Remote Type: Radio Control
Remote Control Frequency: 2.4GHz
Remote Control Range: 50m-80m
Flying Time: 5-7 mins
Charging Time: Approx. 50-60 mins
Aircraft Battery: 3.7V 350mAh Lipo Battery
Camera: 130W/1.3MP
Memory card: 4G
Remote Controller Battery: 4 * 1.5 V AAA Batteries (not included)
Suitable Age: 14+
Suitable Situation: Indoor & Outdoor



         Drone HT F803C ini dibekali Hong Tai baterai yang kapasitasnya sebesar 350 mAh. Dan dengan baterai yang kapasitasnya sebesar itu, anda bisa menerbangkan Drone HT F803C hingga dalam waktu kira – kira sampai 7 menit maksimal. Baterai ini memiliki tegangan yang kecil, yaitu hanya 3.7 Volt. Dengan tegangan 3.7 volt anda jadi bisa mengisi ulang baterai Drone HT F803C ini menggunakan USB Charger. Selain itu anda pun bisa menggunakan metode pengisian ulang alternatif yakni dengan menghubungkan drone dan kabel USB ke USB Port pada PC ataupun Laptop. Bahkan disaat mati listrikpun anda masih bisa melakukan pengisian ulang, yakni menggunakan powerbank yang tentu sangat praktis. Dan untuk waktu pengisian ulangnya sendiri kira – kira membutuhkan waktu 50 – 60 menitan.

Spesifikasi Drone HT F803C - GudangDrone
Remote Drone HT F803C


         Di unit pengendalinya, Drone HT F803C sudah memakai remote yang menggunakan frekuensi tinggi 2.4 GHz untuk transmisi sinyalnya. Dan dengan channel yang sebanyak 4 buah, anda tidak hanya bisa menerbangkan Drone HT F803C saja,. Namun melalui remote ini pula anda bisa mengaktifkan berbagai fitur bawaan yang ada di Drone HT F803C. dengan remote yang desainnya juga termasuk simpel seperti gambar diatas, anda yang masih pemula bisa dengan cepat beradaptasi, hingga anda bisa menerbangkan Drone HT F803C dengan baik dan benar. Dengan remote ini, anda bisa mengendalikan drone hingga radius sejauh maksimal 80 meter. Dan untuk sumber energinya, remote ini menggunakan baterai tipe AAA sebanyak 4 buah.

 
Spesifikasi Drone HT F803C - GudangDrone
Kamera Drone HT F803C

         Drone ini pun juga sudah dilengkapi dengan unit kamera.  Dia diberi kamera yang sudah built-in masuk kedalam body drone sehingga tidak bisa dilepas pasang. Kamera yang terletak di bagan depan drone ini membuat anda akan mendapatkan gambar sejajar dengan drone anda. Dengan kamera itu, anda sudah bisa mengabadikan momen anda ketika latihan menerbangkan drone baik dalam bentuk foto ataupun video. Dan sebagai penghiasnya tentu saja Drone HT F803C memiliki LED yang bisa menyala. LED ini selain untuk indikator dan sebagai media komunikasi drone dengan sang pilot juga memiliki peran sebagai penanda ketika drone anda terbangkan dimalam hari. Sehingga ketika gelap pun anda bisa mengetahui letak posisi drone dengan melihat cahaya yang dipancarkan.


Spesifikasi Drone HT F803C - GudangDrone
Drone HT F803C Kit

Bila anda membeli drone ini, anda akan mendapat:
1 * HT RC Quadcopter
1 * Transmitter(mode 2)
4 * Spare propeller
4 * Propeller protector
1 * 3.7V Lipo Battery
1 * USB Charging Cable
1 * 4G Memory Card
1 * Card reader
1 * English User Manual



         Sebenarnya, Drone HT F803C ini bisa diterbangkan oleh siapa saja, baik yang masih belajar terbang ataupun yang sudah mahir terbang sekalipun, lalu Drone HT F803C juga cocok dimainkan dimana saja, karena ukurannya yang kecil menjadikan drone ini bisa dimainkan baik di dalam ruangan maupun diluar ruangan, dan yang terakhir drone ini bisa dimainkan kapan saja, berkat adanya LED yang tertanam di drone membuatnya tetap bisa dilihat walau dalam keadaan minim cahaya sekalipun.

Spesifikasi Drone HT F803C - GudangDrone



         Dan bagi anda yang tertarik untuk membeli Drone HT F803C ini, anda bisa membelinya dengan harga kisaran sebesar RP 478.000,- sebenarnya sudah bisa dipastikan bila Drone HT F803C ini termasuk kedalam drone dibawah satu juta, namun ternyata  Drone HT F803C juga termasuk di drone yang harganya dibawah 500 ribu. Nah, karena drone ini memiliki harga terjangkau, maka anda yang hendak belajar menerbangkan drone bisa menjadikan Drone HT F803C ini sebagai refrensi drone pertama anda.