Spesifikasi Drone Walkera Scout X4

Walkera selama ini dikenal dengan drone – drone racingnya. Drone racing buatan Walkera memang sudah terkenal bagus dalam berbagai aspek, mulai dari kestabilan hingga peformanya ketika sedang adu balap. Namun bagi anda yang belum tau, ternyata Walkera juga memiliki drone professional yang cocok digunakan untuk mengambil gambar dari atas udara. Dan bila anda sudah tau Walkera, pasti sudah bisa menyimpulkan bahwa drone ini pasti memiliki kemampuan yang sangat hebat seperti drone professional lainnya, namun apakah drone buatan walkera yang satu ini memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan drone professional lainnya? Nah dikesempatan kali ini kita akan coba mengulas satu drone buatan walkera yang cocok digunakan untuk pengambilan gambar ini dari segi spesifikasinya.

Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
Spesifikasi Walkera Scout X4


Drone buatan walkera yang satu ini dinamai dengan Walkera Scout X4. Bila dilihat sekilas dari bentuk fisiknya, Drone Walkera Scout X4 ini memiliki ukuran yang lumayan besar. Bila dibandingkan dengan DJI Phantom, ukurannya lebih besar sedikit. Drone Walkera Scout X4 terlihat besar sebab dia memiliki kaki yang ukurannya juga besar. Kakinya yang besar ini sanggup untuk menyokong seluruh berat badan Drone Walkera Scout X4 itu sendiri sehingga membuat drone ini terlihat besar. Drone Walkera Scout X4 ini masih termasuk kedalam jenis Quad-Copter dengan keempat buah lengannya yang masing – masing memegang sebuah motor brushless untuk membuat propeller berputar sehingga drone bisa terbang diudara dan melakukan pengambilan gambar.



Kakinya yang kuat bukan serta merta hanya berfungsi sebagai kaki, namun ada fungsi lain seperti untuk melindungi unit kamera, karena Drone Walkera Scout X4 ini memiliki kamera plus dengan gimbalnya yang terletak dibagian bawah drone. Dan yang keren dari kaki drone ini adalah ketika terbang anda bisa mengangkat kakinya sehingga kakinya akan mengangkat sehingga membentuk sudut 180 derajat alas lurus horizontal. Mirip seperti kaki yang dimiliki oleh salah satu drone buatan Yuneec yakni Yuneec Tornado. Dengan fungsi angkat kaki ini, membuat Drone Walkera Scout X4 menjadi terlihat makin professional dan bukan sembarang orang yang bisa menerbangkannya. Drone ini juga memiliki banyak sekali fitur seperti yang tercantum dibawah ini

Scout X4 GPS Drone Features
Waypoint Function (Flight Plan)
Included Walkera iLook+ HD Camera w/ 5.8Ghz Video Transmitter
Included Walkera 3-Axis Gimbal
One key Take Off / Landing
Altitude hold mode
Autorotation mode
On key go home
Fail-safe return home
Hyper IOC mode
Retractable Landing Gear for obstruction free video footage
The perfect one-stop FPV solution
Flight time up to 25 minutes
Control all aspects of flight with the F12E 12CH FPV radio (w/ FPV Receiver and 5" Monitor)
Real time OSD flight parameters display, video range reaches 1km
Stabilized 6 axis Flight Controller - DEVO-H


Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
baterai Walkera Scout X4


Drone Walkera Scout X4 ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya bisa dibilang besar, yakni sebesar 5400 mAh. Dengan baterai bawaan ini, Drone Walkera Scout X4 bisa terbang dengan durasi maksimal selama 25 menit. Waktu yang lama, sama seperti waktu terbang drone DJI Phantom. Dan dikarenakan baterai Drone Walkera Scout X4 ini memiliki tegangan yang cukup besar, yakni 22.2 Volt, maka untuk chargingnya anda harus menggunakan charging bawaan dari walkera yang sudah memiliki kemampuan smart charging. Namun sebenarnya anda juga bisa merechargenya menggunakan Smart Li-Po Charger yang sudah otomatis bisa mengetahui berapa besar kapasitas, tegangan, dan beberapa vaktor lainnya dan ketika baterai sudah penuh, charger akan memutuskan aliran listrik ke baterai. Dan tetap diperhatikan , ketika penerbangan usai dan baterai terindikasikan bahwa tinggal sedikit, jangan langsung di charge, namun tunggu sekitar 15 menit agar kondisi baterai jadi normal dulu, barulah bisa anda charge sampai penuh. Ketika sudah penuh juga jangan langsung dipasang ke drone, namun tunggu juga selama 15 menit, supaya benar – benar normal.

Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
remote Walkera Scout X4


Ketika membeli Drone Walkera Scout X4, anda umumnya akan mendapatkan Remote atau Transmitter DEVO F12E yang canggih. Bagaimana tidak? Dengan DEVO F12E anda bisa mengendalikan drone hingga dalam radius sejauh 1 KM tergantung medan. Dengan remote ini, anda tidak hanya bisa sekedar menerbangkan drone naik turun belok rekam. Namun bisa dilihat pada gambar diatas, Remote Drone Walkera Scout X4 ini memiliki tombol yang sangat banyak, anda bisa mengkombinasikan berbagai fungsi yang ada didalamnya, selain itu di remote itu juga terdapat LCD yang bisa digunakan langsung sebagai layar FPV. Fitur selengkapnya dari remote DEVO F12E ini, bisa anda lihat dibawah ini

DEVO F12E Transmitter Features
12 channels, professional computer radio system
5" LCD screen 640 x 480P
RC Control range around 1km @ 100mw power
5.8G video image receiver with 32 channels
4 stick modes
RF transmitter power adjustable
Supports Helicopter and Airplane (+Multirotor)
Supports 15 models
Supports Telemetry functions - GPS data, altitude, distance, voltage, temperature etc.
Auto ID binding & Fixed ID
USB online firmware updates

Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
kamera Walkera Scout X4


Drone Walkera Scout X4 ini memiliki kamera juga dari Walkera yang diberinama iLook+ . action cam buatan Walkera ini memang beda dari yang lain, karena memang difokuskan untuk menjadi Action Cam Drone. Dengan kamera ini, anda bisa mengambil video hingga dalam resolusi Full HD 1080p. Dengan kamera ini anda bisa juga melangsungkan FPV, yang menjadi permasalahan adalah berdasar info dari spesifikasi di remote DEVO F12E sudah bisa receive hingga 2KM, namun di spesifikasi drone, unit kamera iLook ini hanya bisa mengirim dalam radius maksimal 300m, namun jangan khawatir, karena itu juga tergantung medan. Apabila anda menerbangkan di wilayah sedikit halangan tentu bisa lebih jauh lagi.



Supaya memperlengkap refrensi anda bisa melihat spesifikasi remote dan Drone Walkera Scout X4 dibawah ini:

DEVO F12E Transmitter Specifications
Encoder: 12-channel micro computer system
Frequency: 2.4GHz DSSS
Output power: =100mW
Current drain: Close the video =300mA (100mW); view the video =430mA (100mW)
Power supply: Li-Po 7.4V / 11.1V 1600 - 3000mAh or 5# battery 8*1.5V or NiMH 8*1.2V 1600 - 3000mAh
Output pulse: 1000 - 2000us (1500us neutral)
Radio distance: =1km
5.8Ghz video distance: 0.5 - 2km (up to transmitter)
Image frequency: 32 points
Frequency domain: 5645MHz - 5945MHz
Stand-by time: 6 - 12 hours


Scout X4 GPS Drone Specifications
Fight time : 20 - 25 minutes
Battery : 22.2V 5400mah Li-Po battery
FPV Channel : 5.8Ghz 12CH
Monitor : 5" LCD monitor on the DEVO F12E Transmitter, with CBVS port, 640 x 480P
iLook+ Camera : Record at HD 1920 x 1080P, transmit at 640 x 480P
Video Frame Rate : 30 fps
Video Format : MOV
Video Compressing Format : H.264
Video Range : 100~300m (depends on your environment)
Main rotor dia.: 233mm
Receiver : DEVO-RX705
Brushless motor : WK-WS-34-001
Brushless ESC : WST-15AH (R/G)
Main controller : FCS-H500
Take Off Weight : 2270g (Battery included)
Dimension : 335 x 335 x 275mm

 
Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
Walkera Scout X4 kit

Untuk anda yang mencari drone antimainstream dengan kemampuan yang juga sudah professional, mungkin anda bisa membeli Drone Walkera Scout X4 ini. Untuk setiap pembeliannya umumnya anda akan mendapatkan

- 1 X Scout X4 GPS Drone (White color)
- 1 X Walkera DEVO F12E 2.4GHz LCD Digital Transmitter w/ 5" FPV Monitor
- 1 X Walkera 22.2V 5400mAh Li-Po Battery Cartridge
- 1 X Walkera iLook+ Camera
- 1 X Walkera G-3D 3-Axis Gimbal
- 1 X Walkera Ground Control Station module
- 1 X B6 Li-Po Battery Charger
- 1 X Power Supply for Charger (Suitable for your country)
- 4 pcs of propellers
- USB Cable
- Some cables for the battery and iLook camera



Bila dilihat, dari apa yang akan didapatkan ketika pembelian juga sudah lengkap, sehingga ketika anda membeli Drone Walkera Scout X4 ini anda sudah RTF atau Ready To Fly.

Spesifikasi Walkera Scout X4 - GudangDrone
Walkera Scout X4 terbang



Sepertinya Drone Walkera Scout X4 ini memang siap menjadi pesaing drone professional lain dengan fitur dan kemampuannya yang juga bisa bersaing. Drone dengan kamera full HD, plus gimbal anti shake, ditambah layar FPV yang sudah jadi satu dengan remote, sehingga anda tidak perlu menggunakan smartphone sebagai layar FPV lagi. Dan apabila anda tertarik untuk membeli drone ini, Drone Walkera Scout X4 dijual dipasaran indonesia dengan harga RP 12.161.000.- tentu harga tersebut masih kisaran saja, bisa naik atau bahkan juga turun. Nah semoga ulasan kita hari ini bisa bermanfaat, apakah anda mau membeli Drone Walkera Scout X4 yang siap tanding ini?